breaking news

3 Lagu Posdaya Iringi Pembekalan KKM 2014

May 9th, 2014 | by admin
3 Lagu Posdaya Iringi Pembekalan KKM 2014
Berita
0

Ada yang menarik dalam kegiatan pembekalan mahasiswa 2014 ini, terdapat tiga buah lagu mengiringi kegiatan Pembekalan KKM Posdaya Berbasis Masjid yang dilaksanakan Sabtu 3 Mei dan Minggu 4 Mei kemarin. Dua buah lagu unik yang biasa dinyanyikan oleh anak-anak yaitu lingkaran kecil. Lagu ini sangat terkenal sering dinyanyikan di setiap kegiatan Posdaya. Lagu yang telah diaransir oleh Prof Haryono Suyono sebagai ketua yayasan Damandiri sangat besar memberikan pengaruh kepada semua aktifitas Posdaya di seluruh Indonesia. Pun lagu ini sudah sampai terdengar jauh di belahan bumi Rusia, Thailand dan Filipina. Sempat ibu Dr. Hj. Mufidah Ch memimpin mahasiswa saat melaksanakan pembekalan KKM Tematik Posdaya menyanyikan lagu Lingkaran Kecil ini. Dan mahasiswa pun diberi instruksi untuk berdiri agar bisa menyanyikan lagu ini dengan gembira. Inilah lagu Lingkaran kecil ala Posdaya.

Lingkaran kecil (Arranged by Prof. Dr. Haryono Suyono)

Lingkaran kecil, Lingkaran kecil, Lingkaran kecil,Lingkaran kecil, Lingkaran kecil, Ada posyandu, ada BKB, ada paudnya, Ada Koperasi,  BKL, Kebun Bergizi, Posdaya, Posdaya, Posdaya Milik Kita, Posdaya, Posdaya, Keluarga Sejahtera.

Lagu kedua yang sempat pula mewarnai kegiatan pembekalan KKM Posdaya Tematik berbasis Masjid ini adalah lagu berjudul Masjid Harus Berdaya. Lagu yang berawal mula dari lagu Armand Gigi ini diaransir sedemikian rupa hingga menjadi lagu indah yang sangat sesuai dengan aktifitas kegiatan pengabdian kepada masjid. Ibu Mufidah kemudian juga berkenan memimpin mahasiswa menyanyikan lagi Masjid Harus Berdaya. Inilah lirik lagunya.

Masjid Harus Berdaya (Arranged by Ibu Dr. Hj. Mufidah Ch)

Ku sadari akhirnya kerapuhan imanku, Telah membawa masjid dan jamaah, Ke dalam dunia yang tak tentu arah, Ku sadari akhirnya masjid harus berdaya, Tempat ibadah juga pemberdayaan, Tempat keembangkan posdaya yang kita kembangkan

Reff. Oh Tuhan mohon ampun atas dosa dan dosa selama ini, Aku tak menjalankan perintahmu, tak pedulikan masjidku, tenggelam melupakan amanahmu, Oh Tuhan mohon ampun atas dosa dan dosasempatkanlah, Aku bertobat hidup dijalanmu, Tuk penuhi kewajibanku, memakmurkan masjimu, Oh, . . . . .maju lah bangsaku

Masih ada lagi lagu yang ketiga yang mengiringi kegiatan pembekalan KKM Posdaya Berbasis Masjid, sebuah lagu unik yang cukup jenaka. Namun lumayan membuat segar suasana. Sayapun mengikuti Ibu Mufidah yang menunjukkan gesture bagaimana menyanyikan lagu yang asik ini. Kalau menyebut ayam maka gesture kita harus seperti mengepakkan sayap, saat menyebut bebek maka salah satu tangan membentuk mulut bebek dan kemudian yang terakhir. Nah ini yang agak sulit, satu tangan ada di depan mulut, satu lagi di belakang membentuk ekor mentog. Ini saat menyebut kata entog. Sehingga saat menyanyikan lagu ini semua mahasiswa menjadi heboh karena saling sikut dengan yang lain karena terkena buntut entog. Inilah lirik lagu Ayam, Bebek dan Entog

Ayam, ayam, ayam, bebek, Bebek, bebek, bebek, entog, Ayam bebek dan entog, Entog bebek dan ayam, Ayam bebek entog-entogan.

Kegiatan pembekalan KKM Posdaya berbasis masjid kali ini memang sengaja dibuat menarik. Ada yel-yel yang harus diteriakkan oleh mahasiswa, kemudian ada pula yel-yel yang harus mereka aransir sendiri bersama kelompok. Hal ini mengakibatkan kegiatan pembekalan yang berlangsung selama beberapa jam itu dari jam 08.00-15.30 itu menjadi tidak membosankan. Seperti yang diungkapkan oleh Ibu Mufidah bahwa kegiatan pembekalan ini tidak seperti kuliah di kelas dengan bapak ibu dosen. Kegiatan pembekalan KKN Tematik Posdaya 2014 ini penuh dengan keunikan, termasuk juga di dalamnya ada Ice breaking, menyanyi dan baca puisi. (Ika Fariha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *