breaking news

Membangun Solidaritas dan Kebersamaan Antar Volunteer

April 15th, 2015 | by admin
Membangun Solidaritas dan Kebersamaan Antar Volunteer
Berita
0

Kamis 14-04-2015. Posdaya dampingan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali mendapat kunjungan dari para pejabat kampus  Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kajur, Kabiro juga Dr.Hj.Mufidah Ch, M.Ag selaku ketua LP2M UIN  Maulana Malik Ibrahim Malang yang didampingi para staf dan volunteer, serta tak ketinggalan adalah guru besar UIN Malang yakni Prof. Dr.Imam Suprayogo dan Prof.Dr.H.Muhammad Jakfar. Dalam acara tersebut terdapat dua event penting yang bertempat di Kecamatan Pagak dan Kecamatan Sumber Pucung. Tepat pada pukul 08.15 para pejabat kampus berangkat menuju kecamatan  pagak sebagai rentetan pembuka kegiatan. Berbeda halnya  dengan para volunteer yang langsung menuju Posdaya Pesantren Rakyat Al-Amin Sumber Pucung.Para volunteer diantar dengan menggunkan truck TNI “seakan mau perang kita” celetuk salah satu volunteer.Selama diperjalanan gelak tawa selalu menghiasi setiap raut wajah para relawan .

Team Volunteer tiba di Sumber Pucung pada pukul 09.30, dan langsung menuju lokasi Posdaya Pesantren Rakyat Al-Amin.Kegiatan ini yang dilakukan oleh para volunteer adalah outbond, tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan rasa solidaritas yang kuat, kerjasama yang tinggi,sehingga diharapkan volunteer dapat bekerja sama dengan baik saat berada dilapangan. Adapun yang menjadi instruktur outbond adalah para volunteer senior dan pesertanya volunteer baru. Games yang diberikan meliputi:paku ajaib, berpindah tempat, pipa magic, berpindah tempat, dan diakhiri dengan game telur misteri. Gemuruh tawa menghiasi seluruh peserta outbond, hal yang menarik adalah ketika ada salah satu panitia outbond yang bersikap dingin sehingga sebagian banyak peserta sangat jengkel, pada akhir kegiatan saat para panitia diminta untuk mempraktekan maka orang yang pertama menjadi sasaran adalah panitia dengan predikat menjengkelkan yang diuji. Alhasil volunteer senior itupun lupa bagaimana cara menyelesaikn permainan sehingga seluruh pesarta outbond bersama-sama menyuarakan kegembiraannya dengan terus menggojlok kegagalan senior berpredikat menyebalkan dengan suara yang lantang disusul dengan gelak tawa terbak-bahak dari seluruh peserta. Setelah kejadian itu akhirnya salah satu volunteer Moh. Afifudin berhasil menyelesaikan game dan mendapatkan tepuk tangan dari seluruh peserta yang senang dengan terpecahnya game tersebut.

Tidak terasa waktu telah menunjukan pukul 11.30 waktu untuk istirahat, outbond diakhiri kemudian menuju kolam renang untuk bersantai seperti menikmati kopi, makanan ringan, dan melaksanakan sholat.Pada pukul 13.00 volunteer bersiap menuju bascamp posdaya untuk menyambut kedatangan para pejabat kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang sebelumnya berkunjung ke Kecamatan Pagak dalam event peresmian PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) binaan posdaya masjid. Kedatangan para pejabat kampus disambut dengan sangat meriah diringi bacaam shalawat, makan bersama, penampilan siswa PAUD, dan dikahiri dengan maui’dzatul hasanah oleh Prof. Dr.Imam Suprayogo yang kemudian dikuatkan kembali oleh DR.Mufidah Ch, M.Ag beliau berpesan bahwa kemitraan yang telah terjalin jangan sampai terputus, dengan semboyan posdaya maju masyarakat sejahtera mandiri. Kebahagian yang sangat dirasakan oleh para volunteer adalah dapat bertemu dengan para orang hebat maupun yang belum beruntung sehingga mereka dapat belajar dan dapat mengaplikasikan ilmu nya pada saat mereka dikembalikan kepada masyarakat. (Kartika Hudayana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *