Pembekalan KKM 2015 Gelombang Pertama

Tanggal 18-19 April 2015 adalah hari yang ditunggu oleh para peserta pembekalan KKM 2015, kegiatan tersebut dilaksanakan serempak di gedung rektorat lantai 5, dan gedung saintek utara dan selatan. Tepat pukul 06.00 tepat para volunteer sudah berada di tempat bertugas masing-masing untuk mempersiapkan semua kebutuhan pembekalan, dari penempelan no tempat duduk setiap kelompok, menyusun absen, memasang dan mengecek LCD, mengecek Microphone dll.

Terdengar canda tawa di dalam ruangan yang sangat menggema karena kegembiran para peserta yang merasa bahagia karena adanya pembekalan KKM 2015, ada yang bahagia karena satu kelompok dengan saudaranya, ada yang sekelompok dengan teman akrabnya dan sebagainya. Dan sambil menunggu pemateri datang temen-temen peserta di ajak oleh kakak volunteer untuk senam otak terlebih dahulu, dan suasana pun semakin ramai dan canda tawa semakin lepas diantara peserta. Dan setelan senam otak peserta di ajak untuk merumuskan kontrak forum. Dalam kontrak ini antara lain adalah menon-aktifkan hp, tidak tidur di dalam ruangan, dan tidak boleh ngobrol sendiri di dalam ruangan, dan para peserta pun menyetujuinya.

Tepat pukul 08.00 semua peserta sudah dalam ruangan dan pemateri pun sudah datang dan sudah siap mengikuti rangkaian acara dan menerima materi-materi yang ada. Di hari pertama ini peserta memperoleh 4 materi yaitu ANSOS, Konsep Posdaya Berbasis Masjid, Resolusi Konflik, LFA ( Logical Framework Activity), dan Tehnik Jejaring. Dalam pelaksana pemebekalan hari pertama banyak hal yang terjadi, dari peserta yang datang terlambat karena ketiduran dan lupa, walau pun dia datang terlambat dan konsekuensinya poin mereka kami kurangi,namun tetap ada apresiasi tersendiri untuk dia karena ia tetap mau berangkat dan datang ke acra pembekalan minggu pertama ini.

Disaat sela-sela kesibukan para volunteer mempersiapkan presensi dan mengkondisikn peserta di dalam acra tiba-tiba datanglah seorang volunteer yang datang terlambat datang pukul 09.30, dan mas Mohammad N. Hasan selaku koordinator ruangan menegur volunteer tersebut dan memberi tau kn apa saja tugasnya. Secara umum begini lah konsep pembelajaran yang kami alami, tidak ada yang istimewa dalam volunteer karena semua volunteer adalah istimewa dan harrus saling menghargai satu sama lain, atas tanggung jawab terhadap tugas yang diemban.

Berlanjutlah di hari kedua yaitu minggu 19 April 2015, canda, tawa masih terpancar di dalam raut wajah para peserta, acara berlanjut sampai siang hari namun dalam tengah acara peserta terlihat agak loyo lalu para peserta di ajak oleh para kakak volunteer goyang Pingkuin bersama-sama bahkan ibu Dr. Hj. Mufida Ch pun ikut bergoyang penguin bersama semua volunteer dan peserta pembekalan KKM 2015 gelombang pertama. Canda tawa semakin lebar dan terpancar oleh para peserta karena goyang pingkuin tersebut, apa lagi di tambah dengan mendengar suara merdu ibu Dr. Hj. Mufida Ch, peserta tambah terhibur

Tak teras waktu pun telah beranjak sore dan pembekalan pertama pun akan segera berakhir, namun sebelum berakhir pembekalan pertama kakak volunteer menampilkan hasil rekapan absen peserta dan gemuruh pun terjadi dan ternyata ada tiga kelompok yang ketahuan memalsukan tanda tanggan temannya, namun dengan negosiasi yang baik peserta pun mengaku siapa yang menandatangani, dan sebelum acara usai semua peserta dan volunteer saling memaafkan tidak adanya dendam antara mereka, acara pun ditutup dengan canda tawa dan foto-foto bersama.

Keesokan hari nya para volunteer pun mengadakn evaluasi untuk pembekalan pertama,semua volunteer menyampaikan keluh kesahnya kepada para senior dan tim administrasi LP2M. Semoga kedepan kita semua semakin siap dalam melaksanakan tanggung jawab baik individu mau pun kelompok. (Ammy Apriany)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *