Pemantapan Gerakan Pemberdayaan Masyarakat oleh PTKI

LP2M UIN– Tepat setelah gala dinner, kegiatan Monitoring dan Evaluasi Diseminasi POSDAYA Berbasis Masjid Bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) 2015 dimulai (22/05/2015). Menurut rundown kegiatan yang telah dipersiapkan oleh tim Volunteer LP2M UIN Maliki Malang, acara tersebut berlangsung selama tiga hari, 22-24 Mei 2015 bertempat di Hall Cempaka Savana Hotel & Convention Kota Malang.

Kegiatan dibuka oleh Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si. Beliau merasa tersanjung karena acara ini terasa meriah dan besar karena kedatangan Ketua Yayasan DAMANDIRI, Prof. Dr. Haryono Suyono dan Jajaran LP2M PTKI dari berbagai wilayah di Indonesia. Dalam sambutannya Mudjia menyampaikan, “PTKI baik Negeri maupun Swasta harus ada dalam garda terdepan untuk pengentasan masalah-masalah di tengah masyarakat”, kata Pakar Sosiolinguistik itu.

Peserta dalam kegiatan tersebut meliputi segenap Ketua LP2M beserta jajarannya dari beberapa PTKI (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam) seperti UIN Alaudin Makasar, UIN Ar-Raniry Aceh, UIN Raden Patah Palembang, IAIN Gorontalo, IAIN Palangkaraya, IAIN Banten, IAIN Palopo, STAIN Juraisiwo Lampung, STAIN Watampore Sulawesi Selatan, Institut Sunan Giri Ponorogo, STAI Diponegoro Tulungagung, UNISKA (Universitas Islam Kediri) dan KOARMATIM. Tak lupa Ketua DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kabupaten Malang dan perwakilan dari Posdaya Al-Amin, Posdaya Juara Nasional juga turut serta dalam kegiatan tersebut.

Dr. Hj. Mufidah Ch, M.Ag., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan DAMANDIRI yang telah memberikan arahan dan bimbingan serta menyediakan fasilitas sehingga bisa melaksanakan aktifitas ini. Mufidah selanjutnya memaparkan, “Ada tema menarik salah satunya terkait pendataan dan pemetaan keluarga yang akan menjadi bahan diskusi pada kegiatan ini.  Ini penting karena peta keluarga disetiap posdaya menjadi pijakan program pengentasan kemiskinan. Disamping itu banyak potensi-potensi lokal yang belum tergali dan membumikan Posdaya di daerah-daerah agar bisa berkembang dengan baik”, kata Ketua LP2M UIN Maliki Malang itu.

Kegiatan tersebut tidak hanya berada dalam ruangan saja, rencananya rombongan peserta akan diajak berkunjung ke Desa Sumberpucung Kabupaten Malang untuk meninjau langsung kegiatan-kegiatan yang ada di Posdaya Juara 1 Nasional, Posdaya Al-Amin Sumberpucung. Hal tersebut dibenarkan oleh Ibu Mufidah Ch, “kita akan melihat Posdaya Al-Amin dan akan belajar bagaimana Posdaya Al-Amin yang telah melakukan lelang kepedulian berdasarkan peta yang telah dibuat”.

Acara pembukaan tersebut dilanjutkan dengan materi urgensi pendataan dan pemetaan keluarga Indonesia yang disampaikan langsung oleh Prof. Haryono Suyono selama kurang lebih 1 jam. Kegiatan ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ketua DMI (Dewan Masjid Indonesia), Ust. Imam Sibaweh. (Nugraha Chandra P)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *