Bina Pesantren sebagai Basis Posdaya

LP2M – Lagi, sebagai bentuk perwujudan pengabdian masyarakat LPM (lembaga pengabdian masyarakat) UIN Maliki Malang kembali melakukan pengabdian masyarakat dengan memperdayakan pesantren-pesantren yang ada di tengah masyarakat. Kemarin pada tanggal 29-12-2010 LPM Maliki Malang melakukan kunjungan ke beberapa posdaya pesantren. Salah satu diantaranya adalah PP. An-Nahdhiyah Karang Ploso Malang. Pesantren ini selain sebuah pesantren yang mengembangkan kajian kitab kuning seperti halnya pesantren-pesantren lainnya pesantren An-Nahdhiyah ini juga mengajarkan beberapa keterampilan yang perlu dikuasai oleh para santri. Diantaranya keterampilan memasak,memproduksi berbagai ragam kue kering, berbagai minuman tradisional dan mengembangkan keterampilan lainnya.
Melihat berbagai softskill yang sudah dikembangkan oleh pesantren An-Nahdhiyah ini, Dr. Hj. Mufidah Ch, M. Ag selaku ketua LPM Maliki Malang akan membantu dan mengambangkan keterampilan yang sudah ada di pesantren tersebut. Beberapa program pengabdian yang dilakukan oleh para dosen UIN Maliki Malang berupa pengadaan kolam lele, membudidayakan tanaman hijau sampai pada membantu proses pemasaran di tengah-tengah masyarakat, agar berbagai produksi yang sudah dihasilkan oleh pesantren bisa terjual  di khalayak umum.

Menurut Prof. Ir. Agus Suprapto perwakilan LPM UNMER (Universitas Merdeka Malang) menyatakan bahwa untuk mendampingi dan mengembangkan posdaya di pesantren memang tidak bisa langsung sukses,membutuhkan waktu yang agak lama. Pada hakikatnya kompetensi yang dimiliki pesantren sangat bagus, hanya saja para dosen tinggal mendampingi dan mengembangkan kompetensi-kompetensi pesantren yang sudah ada. Menurutnya, melalui pemberdayaan posdaya di beberapa pesantren ini akhirnya bisa mengembangkan jiwa enterpreuship di masyarakat, dengan memiliki jiwa enterpreunership maka masyarakat lebih bisa sejahtera dengan perekonomian mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *