LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Akan Luncurkan Sistem Informasi Pemetaan Keluarga Posdaya Masjid di Kabupaten dan Kota Malang

Informasi mengenai informasi posdaya, kegiatan posdaya, dan pemetaan keluarga posdaya yang menjadi binaan dari LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan suatu hal yang dibutuhkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai perkembangan dari tahun ke tahun. Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui informasi tentang Posdaya, Kegiatan posdaya, dan yang paling terpenting adalah Pemetaan Keluarga posdaya. Pemetaan keluarga posdaya dianggap sengatlah penting karena dengan inilah dapat mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat di suatu desa yang didalamnya telah berdiri Posdaya. Pada saaat ini pemetaan mengenai Posdaya, kegiatan, serta pemetaan Keluarga posdaya dilakukan secara manual dan dalam bentuk pelaporan pada kertas saja. Belum terdapat sistem yang mengelola pemetaan posdaya binaan LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di Kabupaten Malang sehingga pihak LP2M masih sulit untuk mengontrol tingkat perkembangan posdaya yang telah menjadi binaan nya.

IMG-20151015-WA0002Latar belakang dari pemanfaatan sistem informasi kegiatan serta Pemetaan keluarga ini berawal dari adanya kondisi Posdaya yang tidak memiliki data yang valid sehingga dalam pengelolaan dan pengembangan Posdaya tidak maksiama, sehingga dari Yayasan Damandiri memberikan Pelatihan Pendataan dan Pemetaan Keluarga Indonesia bagi Perguruan Tinggi yang mengembangkan KKN Tematik Posdaya sehingga dengan adanya data mikro yng dimiliki masing-masing Posdaya Pengelolaan program akan sesuai dengan kondisi yang ada di masyarakat. Data yang ada saat ini dimasing-masing Posdaya bersifat sementara dan sewaktu-waktu dapat berubah bahkan hilang apabila hanya dibuat seperti pada gambar dan proses analisa terlihat manual. Peta keluarga posdaya ini hanya ditempelkan di masjid-masjid yang sebelumnya pernah ditempati oleh mahasiswa KKM UIN Malang sehingga apabila nantinya peta ini hilang proses pendataan oleh mahasiswa di tahun berikutnya maka otomatis mahasiswa akan mendata dan memetakan mulai awal lagi. Oleh karena itu, diperlukan suatu aplikasi yang dapat membantu masyarakat serta LP2M dalam memberikan informasi pemetaan mengenai posdaya di Kabupaten Malang.

Prototype Aplikasi

NEW2 NEW3 NEW4 NEW5 NEW6 NEWQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *