breaking news

TINGKATKAN KUALIAS DIRI, PEDULI MASYARAKAT!!!

April 12th, 2016 | by admin
TINGKATKAN KUALIAS DIRI, PEDULI MASYARAKAT!!!
Berita
0

Malang, 10 April, 2016 – LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali semarakkan pembekalan untuk seluruh mahasiswa peserta KKM tahun 2016. Pembekalan ini merupakan salah satu rangkaian dari pengabdian masyarakat, dengan adanya pembekalan ini LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang siapkan seluruh mahasiswa peserta KKM 2016 untuk siap mengabdi dan terjun ke masyarakat. Pembekalan KKM 2016 ini terbagi kedalam 4 gelombang, dimana setiap gelombang diselenggarakan selama 2 hari yang bertempat di auditorium saintek danjuga aula rektorat lantai 5.

Tepat pada tanggal 9-10 April 2016 dimulai dari pukul 7.00 sampai jam 15.00 pembekalan KKM gelombang pertama diselenggarakan. Pada hari pertama pembekalan yang dimulai dengan registrasi peserta disertai pembagian buku pedoman pelaksanaan kuliah kerja mahasiswa sebagai panduan utama bagi mahasiswa untuk benar-benar memahami masyarakat dan memberikan gambaran bagaimana nantinya mereka terjun langsung dimasyarakat yang akan ditempati KKM dan pada umumnya untuk seluruh masyarakat di lingkungannya.

Berbagai ice breaking yang dipandu oleh para volunteer mengantarkan pada materi pertama “tema analisis sosial” dengan narasumber dari fakultas psikologi UIN Malang yaitu Dr. Moh. Mahpur, M.Si, berlanjut pada materi kedua dengan narasumber bapak Miftahus Sholehudin, M.Hi yang mengantarkan materi terkait pendataan keluarga. Materi pendataan keluarga ini mengenalkan kepada seluruh peserta KKM 2016 bagaimana melakukan pendataan dan pemetaan yang nantinya sangat berfungsi dalam mengenal anggota dan lingkungan masyarakat secara lebih dekat. Setelah ISHOMA berlangsung sebagai pengantar penutupan pada hari pertama materi ke- POSDAYAAN mengantarkan para peserta KKM mengenal lebih jauh apa itu POSDAYA yang disampaikan oleh narasumber ibunda tercinta Dr. Hj. Mufidah CH. M. Ag beliau merupakan seorang wanita inspirator yang hingga pada saat ini menduduki ketua LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Begitu pun pada hari berikutnya materi –materi yang sangat spektakular dan sangat membantu mahasiswa dalam pengabdian disampaikan sebagai keberlanjutan dari materi pada hari pertama yaitu teknik penyusunan program dan laporan KKM, paparan peta dan lelang kepedulian, teknik fasilitasi dan membangun jejaring disampaikan oleh masing-masing narasumber yang luar biasa. Pada setiap ruangan diberikan materi dengan narasumber yang sama pula, hal ini dilakukan agar pemahaman antara satu dengan yang lainnya berjalan selaras dan peserta KKM 2016 mampu berperan aktif terjun langsung dilingkungan masyarakat.

Selain diisi dengan materi dan narasumber yang sangat luar biasa, pemantauan peserta KKM 2016 ini juga begitu sangat ketat dimulai dengan adanya absensi pada setiap sesi dan peraturan dalam ketepatan waktu sangat diutamakan demi tercapainya kualitas pemahaman materi bagi seluruh mahasiswa tercapai. Karena pembekalan ini walaupun dengan waktu yang begitu singkat tapi sangat mengena untuk seluruh mahasiswa, sehingga jika satu sesi saja tertinggal maka mahasiswa tersebut akan tertinggal banyak dan sangat rugi karena untuk materi selanjutnya menjadi kurang paham. Visi utama LP2M dalam menyelanggarakan pembekalan ini adalah untuk meningkatkan kualitas peserta KKM 2016 agar lebih siap mengabdi pada masyarakat. Alunan sebuah lagu kebanggaan dari pimpinan LP2M Dr. Hj. Mufidah CH. M. Ag yang diiringi dengan semarak dan tepuk ria para volunteer serta peserta KKM dengan tema “kemitraan posdaya” mengakhiri pembekalan gelombang pertama KKM 2016. Suara tangis, terharu menghiasi ruangan karena ada suatu kebanggaan tersendiri menjadi mahasiwa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang cetus salah satu peserta KKM 2016. (shn)

Salam damai,  majulah posdaya, sejahteralah masyarakatku!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *