breaking news

SENAM PINGUIN: Jurus Jitu Bangkitkan Gairah Peserta Pembekalan KKM 2016

April 19th, 2016 | by admin
SENAM PINGUIN: Jurus Jitu Bangkitkan Gairah Peserta Pembekalan KKM 2016
Berita Volunteer
0

Malang, 17 April 2016 – Pembekalan KKM 2016 gelombang ke-2 yang berlangsung di gedung Ir. Soekarno lantai 5 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dimeriahkan oleh 284 mahasiswa dari berbagai jurusan, 11 relawan (volunteer) dan 3 pemateri handal di bidangnya.

Acara yang digelar sepanjang hari Sabtu dan Minggu (16-17/4) mulai pukul 7 pagi hingga pukul 3 sore itu sangat menguras energi para peserta KKM 2016. Kondisi tersebut memicu timbulnya berbagai perilaku yang mengganggu efektifitas pembekalan yang berlangsung. Seperti, banyaknya peserta yang tidur, bermain hp, keluar-masuk toilet, dll.

Kejenuhan yang mencolok terjadi pada hari ke-2 pembekalan. Hal tersebut ditandai dengan menurunnya gairah peserta KKM dalam menyimak dan memberi respon atas paparan para pemateri.Dikhawatirkan, kejenuhan yang berkelanjutan tersebut akan menghilangkan nilai kebermaknaan dari pembekalan KKM kali ini.

“Sebelum pembekalan gelombang dua ini berakhir, kita harus mencari jurus jitu untuk membangkitkan gairah para peserta ini”, jelas jajaran volunteer. Sehingga muncul sebuah inisiatif sebagai media hiburan sebelum melanjutkan sesi materi, yaitu dengan senam pinguin.

Berbeda dengan senam lainnya, dari aspek komponen senam pinguin, terdapat berbagai gerakan-gerakan yang tidak menguras tenaga namun tetap asyik dilakukan. Diiringi dengan irama musik yang tidak jelas liriknya namun tetap menarik untuk menikmatinya.

Pada putaran awal, senam pinguin yang dipertontonkan di slide projector dan dicontohkan oleh para volunteer tersebut menghasilkan daya tarik para peserta untuk mengikutinya. Pada putaran kedua, para peserta secara serentak memperagakan senam pinguin di tempat masing-masing. Dan pada putaran ketiga, setiap kelompok diminta untuk mendelegasikan satu anggotanya untuk memperagakan senam pinguin di depan bersama para volunteer. Zulfa berkata, “Siapa yang berani tampil senam pinguin di depan bersama para volunteer, makaakan diberi hadiah berupa kue”.

Alhasil, senam pinguin yang diperagakan bersama tersebut dapat menjadi jurus jitu yang mampu membangkitkan gairah para peserta pembekalan KKM 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *