breaking news

WAKIL REKTOR III IAI IBRAHIMY SUKOREJO PIMPIN ROMBONGAN OST KE POSDAYA PESANTREN RAKYAT AL-AMIN

April 27th, 2016 | by admin
WAKIL REKTOR III IAI IBRAHIMY SUKOREJO PIMPIN ROMBONGAN OST KE POSDAYA PESANTREN RAKYAT AL-AMIN
Berita
0

Malang, 25 April 2016 – Posdaya Pesantren Rakyat Al-Amin Sumberpucung, Kabupaten Malang dengan gerakan pemberdayaannya telah dikenal secara meluas dan menjadi rujukan posdaya nasional. Posdaya Al-Amin adalah salah satu posdaya terbaik yang didampingi oleh LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hari ini (25/04), posdaya yang diketuai oleh Ust. Abdullah SAM kembali dikunjungi oleh salah satu perguruan tinggi Islam di Jawa Timur, IAI Ibrahimy Sukorejo Situbondo. Kunjungan ini langsung dipimpin oleh Wakil Rektor III IAI Ibrahimy Sukorejo, Ust. Minhaji, M.PdI. dan Ketua P3M IAI Ibrahimy Sukorejo Situbondo, Ust. Harianto dan disambut hangat oleh Ust. Abdullah SAM beserta keluarga besar Posdaya Pesantren Rakyat Al-Amin.

Pada kesempatan ini, 20 peserta OST (Observation Study Tour) yang terdiri dari wakil rector, dekan, dosen, akademisi dan aktifis pemberdayaan ingin belajar bagaimana proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Posdaya Pesantren Rakyat Al-Amin. Kegelisahan akan tidak seimbangnya pelaksanaan tri darma perguruan tinggi menjadikan civitas IAI Ibrahimy Sukorejo Situbondo tergerak untuk memperbaiki dan meningkatkannya terutama di bidang pemberdayaan masyarakat yang dirasa sampai saat ini masih kurang.

‘Belum ada keseimbangan di tri darma perguruan tinggi, terhadap pengabdian kepada masyarakat dan yang terjadi hari ini adalah masih condong terhadap pengajaran saja’, ungkap Wakil Rektor III IAI Ibrahimy Sukorejo. Lebih jauh lagi, Ust. Minhaji sangat mendukung gerakan pemberdayaan masyarakat di Posdaya Pesantren Rakyat Al-Amin dan berharap bisa mendapat ilmu yang nantinya bisa diimplementasikan di Situbondo.

Hal tersebut senada dengan pengamatan Ust. Abdullah SAM, Banyak lembaga-lembaga besar terutama lembaga pendidikan dan mereka jauh dari masyarakat yang hidup disekelilingnya. Dalam materinya, alumnus Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang itu menyampaikan, ‘pemberdayaan masyarakat yang efektif adalah dengan mendekat dengan masyarakat, tidak menciptakan jarak dengan masyarakat sehingga tahu apa kebutuhan masyarakat’. Pada kesempatan itu juga Ust. Abdullah beserta peserta OST IAI Ibrahimy Sukorejo Situbondo langsung membuat rencana aksi untuk segera diusulkan kepada Rektor dan ditindaklanjuti oleh peserta yang hadir pada OST kali ini.(ncp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *