breaking news

Posdaya Bustanul Ulum Cerdaskan Generasi Bangsa dengan Taman Baca

August 22nd, 2016 | by admin
Posdaya Bustanul Ulum Cerdaskan Generasi Bangsa dengan Taman Baca
Berita Volunteer
0

PeresmianJumat, 19 Agustus 2016 menjadi salah satu hari bersejarah bagi masyarakat Sidodadi Desa Gampingan Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Pasalnya, pada sore itu Posdaya Bustanul Ulum sukses me-launching Taman Baca. Prosesi pe-launching-an tersebut dihadiri oleh Koordinator Posdaya Kecamatan Pagak Bapak Nur Wasis, Bapak RT dan wakilnya, Pengasuh TPQ Bustanul Ulum, Ketua Komite TPQ Bustanul Ulum, Wakil Ketua Pemuda Sidodadi, dan masyarakat Dusun Sidodadi.

Latar belakang pendirian Taman tersebut dikarenakan minat membaca masyarakat Sidodadi khususnya siswa/i TPQ Bustanul Ulum dari waktu ke waktu mengalami penurunan. Hal ini disebabkan maraknya pengunaan media elektronik (gadged) dikalangan mereka. Atas dasar tersebut, Posdaya Bustanul Ulum bersama mahasiswa KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) Tematik Posdaya Berbasis Masjid UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kelompok 63 mencanangkan pendirian Taman Baca yang terletak di area TPQ. Peletakan Taman Baca di area TPQ dimaksudkan agar masyarakat terlebih siswa/i TPQ bisa membaca buku-buku yang ada bersama-sama dan dimaksudkan untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar di TPQ.

Menempati sebuah ruang kosong di salah satu bangunan TPQ, Taman Baca didesain dengan dekorasi ala pertamanan. Susunana buku-buku tertata rapi di rak-rak yang terbuat dari bambu. Berbagai jenis buku tersedia di Taman Baca, mulai dari buku tentang pengetahuan agama Islam, buku cerita anak-anak bergambar, majalah-majalah, buku pelajaran, dan masih banyak yang lain. Suasana Taman Baca yang didesain penuh warna dan berbuansa segar tersebut diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk mengunjungi taman baca dan membaca buku-buku yang disediakan.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita di depan ruang Taman Baca oleh Kepala Sekolah TPQ Bustanul Ulum Ibu Hj. Su’udiyah dengan diawali pembacaan sholawat 3 kali. Gemuruh suara tepuk tangan masyarakat menyambut hangat setelah pita berhasil terpotong. Masyarakat menyambut positif adanya Taman Baca tersebut. Sebagaimana yang dikatakan Bapak Fauzi selaku Ketua Komite TPQ Bustanul Ulum, “Adanya peresmian Taman Baca sangat menunjang, karena orang tidak tahu akan menjadi tahu karena buku. Orang tidak bisa membaca, terus bisa membaca karena buku.” Dengan adanya Taman Baca ini diharapkan mampu meningkatkan minat baca masyarakat Dusun Sidodadi Desa Gampingan Kecamatan Pagak tersebut. (Nurika Dwi O)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *