breaking news

Pelatihan Jurnalistik, Bekali Relawan LP2M menjadi Penulis Bermartabat

May 28th, 2017 | by admin
Pelatihan Jurnalistik, Bekali Relawan LP2M menjadi Penulis Bermartabat
Berita
0

Penguatan bagi para volunteer Program Posdaya Berbasis Masjid LP2M UIN Malang terus ditingkatkan dengan berbagai inovasi baru. Jika pada sebelumnya fungsi volunteer adlah menemani, membimbing mahasiswa peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) saja, maka pada tahun ini peran dan fungsi tersebut dikembangkan menjadi tujuh divisi peminatan diantaranya:  Pendamping KKM, Pendamping Penelitian  dan Pengabdian Dosen, Karya Tulis Ilmiah, Humas dan Publikasi, Duta Posdaya Masjid, Teknologi Informasi, dan Desain Grafis. “Tujuan peminatan relawan adalah untuk menjadikan mereka lebih professional dan fokus sesuai minat dan bakat para Relawan ” ucap Dr. Hj. Mufidah Ch, M.Ag selaku ketua LP2M atau yang akrab di panggil ibunya para relawan tersebut.

Untuk merealisasikan target tersebut, pada 25 Mei lalu diadakanlah Pelatihan Jurnalistik dengan mendatangkan seorang Wartawan senior yaitu Drs. H. Muhammad Zen, MM. Dosen Ilmu Komunikasi sekaligus penulis senior. Beliau adalah praktisi yang sangat professional dan berpengalaman selama 35 tahun dalam dunia jusnalistik. Pimpinan media online dutanews.net ini memberikan materi kepada Relawan Posdaya berbasis masjid tentang cara menjadi seorang jurnalistik yang baik dan handal, kiat meraih kesuksesan dalam bidang jurnalistik,  menghilangkan grogi dan berbagi pengalaman selama menjadi wartawan Koran, TV dll. Peserta terlihat sangat antusias dan termotivasi atas segala pengalaman dan ilmu yang telah diberikan pemateri.

Pelatihan ini semakin menarik dan berkesan ketika peserta diberi kesempatan untuk sharing, bertanya kepada pemateri. Setelah pemateri menjawab segala kegundahan, beberapa kesukaran dalam menulis, Pak Zen juga memberikan salah satu buku karyanya kepada seluruh peserta yang hadir.

Diharapkan dari pelatihan ini relawan terasah dan terbangun motivasi untuk semangat menulis sehingga menjadi publikasi program posdaya masjid baik dalam bentuk reportase, artikel, karya ilmiah dll. Setelah kegiatan ini, selain bertugas meliput semua agenda kegiatan yang telah disepakati ada kegiatan lanjutan yaitu teman-teman Relawan menulis cerita paling berkesan ketika melaksanakan KKM yang dikomadani oleh Muhammad Fahri Salam. Alhamdulillah para Relawan antusias telah terkumpul 24 cerpen karya Relawan Divisi Relawan divisi Humas dan Publikasi dan divisi Karya Tulis Ilmiah. (Muhammad Fahri Salam)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *