breaking news

Aparat dan Tokoh Masyarakat Gedangan Antusias Sambut KKM Tematik Posdaya Masjid 2017

July 7th, 2017 | by admin
Aparat dan Tokoh Masyarakat Gedangan Antusias Sambut KKM Tematik Posdaya Masjid 2017
Berita
0

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik Posdaya Berbasis  Masjid merupakan bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang serentak  dilaksanakan mulai 5 Julli 2017 – 5 Agustus 2017 . Sekitar 3067 Mahasiswa dari berbagai fakultas yang dibagi menjadi 275 kelompok siap diterjunkan keberbagai wilayah di Kabupaten dan Kota Malang.

Kecamatan Gedangan tahun ini ada 10 posdaya yang ditempati oleh mahasiswa KKM, diantaranya: Posadaya A-Mubarok asuhan bapak Ifan Efendi, Posadaya Al-Azhar asuhan bapak Muslimin, Posdaya Sabilul Muttaqin asuhan Ibu Mujiati, Posdaya Al-Ikhlas asuhan bapak Suharto, Posdaya Miftahul Jannah asuhan bapak Rosyid, Posdaya Darussalam asuhan bapak Ngadi, Posdaya Nurul Hidayah Asuhan bapak Ahmadi Albar, Posdaya Az-Zahra asuhan Ibu Cucik, Posdaya Miftahul Huda asuhan bapak Bashori, Posdaya Miftahul Ulum asuhan bapak Rianto dan Ketua DMI Kecamatan Gedangan Ustadz Muhammad Alim Sekaligus Ketua Takmir Masjid A-Mubarok. Muhammad Fahri Salam dan Muhammad Arif Gunawan sebagai volunteer yang bertugas mendampingi KKM kecamata Gedangan.

Penyerahan KKM di Kecamatan Gedangan tahun ini dilaksanakan di Masjid Besar Darussalam. Pukul 09:30 (05/07) acara formal penyerahan KKM dibuka oleh Master Of Ceremony, selanjutnya lantunan Ayat suci al-Qur’an yang dikumandangkan saudara Jalil perwakilan kelompok 215. Mahasiswa asal Sumenep jebolan MTQ tingkat kabupaten ini mampu menghipnotis hadirin sehingga suasana menjadi hening menentramkan lewat suara merdu kalam ilahi.

“Kepada Takmir, Ketua Posadaya, Aparat pemerintah dan lapisan masyarakat, kami serahkan 10 kelompok untuk melaksanakan KKM disini” Ucap Dr. Walid, MA Selaku Koordinator DPL (Dosen Pendamping Lapangan) dalam sambutan penyerahan KKM. Ketua Jurusan PGMI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini melanjutkan Mahasiswa akan melaksanakan pengabdian selama sebulan, diharapkan kepada mahasiswa KKM agar memanfaatkan dengan maksimal masa pengabdian yang Cuma sebentar. Kemudian dosen FITK ini menjelaskan prosedur pelaksaan kegiatan KKM mulai dari survey sampai mahasiswa ditarik lagi oleh kampus.

Sambutan kedua disampaikan oleh Bapak Juwari mewakili ketua DMI Kecamatan Gedangan, Bapak sekaligus pengurus MWC NU Kecamatan Gedangan ini menyampaikan pihak masyarakat Gedangan menerima Mahasiswa KKM UIN Malang dengan sepenuh hati dan akan ikut mendukung kegiatan dan proker yang dibutuhkan masyarakat Gedangan.

Acara pembukaan ini, terasa istimewa karna tokoh masyarakat dan aparat pemerintah ikut hadir. Selain Ketua DMI, Posdaya, DPL, Perserta KKM, Takmir, Volunteer turut hadir pula Kepala Desa Gedangan, Staff Kecamatan Gedangan, Ketua MUI Gedangan, MWC NU Gedangan, Polres Gedangan, dan Masyarakat sekitar. Perwakilan Camat dan Aparan pemerintah turut memberikan arahan dan menjelaskan kondisi kecara umum masyarat Gedangan dalam sambutan terakhir. Acara penyerahan ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh ketua MUI Kecamatan Gedangan.

Terakhir setelah sesi foto bersama dilanjutkan dengan koordinasi antara peserta KKM, Ketua Posdaya bersama Dosen Pendamping Lapangan (DPL) masing – masing. DPL memberingan arahan, bimbingan kepada mahasiswa KKM terutama posdaya Darussalam dan Posadaya Az-Zahra yang perlu bimbingan khusus karna terpilih mendapat program khusus Revolusi Mental (RM) dari 15 posdaya lain.

“Harapannya semoga program yang kami rumuskan bersama masyarakat bias berjalan lancer dan terus menerus tetap eksis walaupun kami sudah pergi, tentunya mahasiswa KKM juga bias belajar bermasyarakat” Ucap Mochammad Nafik Maksum  ketua kelompok 209

 

Report by : M. Fahri Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *