breaking news

Posdaya Masjid Siap Luncurkan Kampung Kelor Sumberpucung

July 14th, 2017 | by admin
Posdaya Masjid Siap Luncurkan Kampung Kelor Sumberpucung
Berita
0

Seperti yang kita ketahui bersama mengenai kelor yang sangat kaya akan kandungan vitamin dan gizinya bahkan bisa mengalahkan beberapa sayuran dan buah yang memiliki nilai jual yg lebih mahal di banding kelor. Berangkat dari keinginan masyarakat serta pasca sosialisasi oleh mahasiswa kkm uin malang 2017 terkait manfaat dan kandungan vitamin & gizi kelor serta cara penanaman kelor yg sangat mudah dan sederhana. Dianggap sangat cocok dibudidayakan di wilayah kecamatan sumberpucung dg di support tersedianya beberapa lahan yg siap untuk ditanami yaitu lahan milik bersama dan ada pula yg ditanam sekala rumah. Harapannya beberapa bulan ke depan mulai panen dan diolah mnjadi tambahan makanan atau minuman misal teh kopi, karena kelor bersifat sangat fleksibel untuk cita rasa bahan baku yg dipadukannya.

Lahan posdaya yg bertempat di desa Karangkates ini awalnya berupa kolam milik bersama, karena dipandang kurang produktif dan sangat layak untuk kebutuhan lainnya. Atas permintaan kamituo beserta masyarakat maka tanah mulai diratakan serta bak airnya diangkat. Untuk lahan di daera sumberpucung lainnya seperti Desa Sumberpucung, Trenyang, Sambigede, Ngebruk dan Senggreng Masih dalam skala rumah. artinya, Kelor ditanam di setiap rumah warga tepatnya di sisa lahan sekitar rumah. Harapannya “masyarakat dapat memanfaatkan kelor sebagai sayur tanpa mendatangi melijo, itu saja sudah meliputi bagian dari mempeemudah urusan rumah tangga warga yang awalnya sayur dapat dihasilkan dengan cara membeli tapi untuk saat ini warga bisa memtik secara gratis di rumah sendiri yang pastinya lebih ekonomis. usaha kami memberdayakan masyarakat dalam skala kecil ini sudang menjadi kebanggaan terbesar kami, karena hal besar dimulai dari beberapa hal kecil” ujar Sherly peserta mahasiswa KKM kelompok 144.

Mahasiswa dan Masyarakat sangat antusias dan begerak cepat untuk ikut serta mencari bibit kelor, karena ini adalah tugas dan PR kami bersama untuk merealisasikan proyek masyarakat terbesar kami. Dan pastinya akan ada kesan tersendiri, bahwa kami adalah salah satu dari beberapa perintis posdaya kampung kelor sumberpucung (keluarga besar kkm 2017 kecamatan sumberpucung)” tutur Kelvin jurusan HTN (Hukum Tata Negara) selaku ketua besar mahasiswa peserta KKM kecamatan sumberpucung. Masyarakat dan Mahasiswa serta 5.000 bibit kelor siap hijaukan bumi sumberpucung dengan menyibak rahasia manfaat dan kelebihan dari the king of vegetable “KELOR”.

“Posdaya kampung kelor sumberpucung akan launching pada tanggal 25 juli 2017 di kampus uin maulana malik ibrahim malang” tutur ibu Dr. Mufidah Ch, M.Ag pada acara pembekalan dan pelatihan SOP revolusi mental pada Senin, 10 juli 2017. Dalam pertemuan ini dihadiri oleh kurang lebih 50 Dosen Pembimbing Lapangan serta kader posdaya kabupaten malang. Harapan kami untuk mengawali proyek besar ini mohon dukungan dan bantuan berupa link/jaringan bibit kelor untuk ikut serta mensukseskan kegiatan ini.

Report by : Evita M. Maula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *