breaking news

Berdayakan Pemuda Lewat Program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari)

July 17th, 2017 | by admin
Berdayakan Pemuda Lewat Program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari)
Berita
0

Banyaknya pemuda yang mengalami permasalahan finansial dan kemandirian di Dusun Kampung Baru, Desa Sukowilangun, Kecamatan Kalipare menjadi salah satu sasaran utama program kerja Kelompok KKM 156 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dengan menggandeng Posdaya Masjid, Karang Taruna, dan Pemerintah Desa, Kelompok KKM 156 mengajak pemuda setempat membudidayakan sayur di pekarangan rumah.

“Dengan pemberdayaan pemuda untuk menjalankan pertanian seperti itu diharapkan mampu meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan mereka,” ujar Didik, ketua karang taruna Desa Sukowilangun saat ditemui di Green House Desa Sukowilangun (Sabtu, 8/7).

Terpisah, Imam, Ketua BUMDES Sukowolangun menyatakan, “Sebenarnya mereka (pemuda) punya semangat dan etos kerja yang tinggi, tapi terhambat persoalan finansial.” Dari persoalan itulah kemudian Kelompok KKM 156 berdiskusi dengan Karang Taruna Desa Sukowilangun untuk pengembangan usaha pertanian KRPL bagi pemuda setempat. Program ini ternyata disambut antusias oleh pemuda dan warga sekitar.

Didik menuturkan program KRPL sengaja dikembangkan karena perawatan sayur melalui pola tanam ini lebih mudah dibandingkan dengan pola tanam konvensional. Selain itu, tidak membutuhkan lahan yang luas sehingga bisa dilakukan di pekarangan rumah dengan lahan terbatas dan juga hemat air. Pekarangan rumah yang msaih kosong dimanfaatkan untuk pembuatan KRPL. Nantinya, tanaman yang akan dibudidayakan antara lain sawi, kangkung, seledri, bayam, dan terong.

Untuk memudahkan pemuda dan warga dalam memahami hal-hal terkait KRPL, Kelompok KKM 156 menyediakan blog yang berisi seluk beluk KRPL. Melalui blog ini, warga dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan bagaimana tata cara membudidayakan sayur dengan menggunakan pola tanam KRPL.

Melalui program KRPL ini, diharapkan kesejahteraan dan kemandirian pemuda dan warga setempat meningkat. Tidak hanya itu, kedepannya diharapkan Desa Sukowilangun khususnya Dusun Kampung Baru menjadi sentral pendidikan tentang KRPL.

“Kita berharap nantinya juga bisa menjadi kampung percontohan untuk pertanian KRPL ( kawasan rumah pangan lestari ),” ujar ketua Karang Taruna Desa Sukowilangun.

 

By: SHOVIYYAH (Kelompok 156)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *