breaking news

Koordinasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

September 29th, 2017 | by admin
Koordinasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Berita
0

Kegiatan rapat kordinasi dengan para dekan ini merupakan rapat ke-tiga yang telah dilaksanakan oleh LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dimulai pada pukul 14.00 WIB, rapat dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. H.M. Zainudin, MA dengan menyampaikan beberapa rencana kerja yang menjadi prioritas dalam kinerja para pimpinan. Beberapa prioritas tersebut adalah tentang lembaga kajian halal yang dirintis oleh Fakultas Kedokteran, majlis kajian islam dan fatwa, penguatan dan pengembangan program research university dan berbagai program lainya.

Ketua LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Ibu Dr. Hj. Tutik Hamidah, M.Ag yang memimpin rapat dalam kesempatan ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan berbagai produk akademik yang berpijak pada tri dharma perguruan tinggi ini LP2M berharap peran aktif dan partisipasi para pimpinan baik pada level rektorat maupun dekanat. Beberapa hal yang menjadi point diskusi adalah seputar pengelolaan dana penelitian BOPTN yang sekarang di kelola di pusat, pengabdian bagi dosen dan mahasiswa.

Hingga saat ini, kegiatan yang sudah dilakukan LP2M antara lain adalah menunjuk admin penelitian pada masing-masing fakultas yang berfungsi untuk melakukan sosialisasi program penelitian 2018, pengecekan turnitin atau tingkat plagiasi pada karya akademik dan persetujuan terhadap pengajuan  penelitian pada system litapdimas.kemenag.go.id. yang selalu di update dengan berbagai informasi serta pelatihan yang akan dilaksanakan serentak di bandung pada kamis hingga minggu besok.

Pada program pengabdian, kami berinisiatif untuk menambahkan usia semester bagi mahasiswa yang hendak mengikuti KKM, kenapa demikian? Karena mahasiswa yang melakukan KKM sekarang ini relative masih sangat muda yakni semester 4 yang secara kematangan akademik dipandang masih belum cukup. Jadi dengan penambahan usia semester diharapkan mampu meningkatkan kualitas pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Selain itu kami juga akan melakukan akselerasi program dengan menambahkan variasi jenis KKM bagi mahasiswa yang dengan banyaknya jenis program KKM tersebut diharapkan mahasiswa menjadi lebih bisa memilih jenis pengabdian yang sesuai dengan minat bakat serta kompetensi masing-masing.

Sebagai respon dari paparan yang disampaikan tersebut para undangan yang hadir memberikan tanggapan yang beragam diantaranya disampaikan oleh Dr. M. Lutfi sebagai ketua LPM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bahwa yang harus dilakukan dan ditingkatkan pada penelitian para dosen kita adalah penggunaan standart output penelitian, perencanaan penelitian sampai pada review proposal yang harus kita standarisasi sesuai dengan rancang bangun penelitian yang dirumuskan. Jadi semua ini butuh sekali adanya RIP yang mendesak kita buat sehingga sejalan dengan rancang bangun akademik dalam penelitian yang dilakukan dosen.

Ketua SPI (satuan pemeriksa internal) Dr. H. In’am Esha memberikan masukan dari pengalaman yang pernah didapatkan selama menjadi sekretaris LP2M adalah butuhnya sebuah system informasi yang komprehensif terkait program penelitian dan pengabdan sehingga ini sangat berpengaruh pada pemanfaatanya sebagai bahan ketika akreditasi baik institusi maupun fakultas. Selain itu kita juga membutuhkan tindak lanjut dalam penelitian baik dalam bentuk paten maupun publikasi yang lain sehingga keberadaan sentra HKI menjadi penting dalam kaitanya hilirisasi dan publikasi hasil penelitian.

Masukan yang muncul dari para dekan antara lain adalah

  1. Beban SKS pada program KKM adalah 2 SKS
  2. Pelaksanaan KKM dilaksanakan pada semester genap dan ganjil.
  3. Persyaratan untuk mengikuti KKM sudah menempuh minimal 100 SKS.

Sebagai penutup dalam pertemuan ini, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. Abd. Haris menyampaikan bahwa apa yang harus kita lakukan adalah bekerja dengan ikhlas. Bekerja dengan ikhlas artinya ya bekerja dengan penuh tanggung jawab dan disiplin, karena kemajuan lembaga ini sangat bergantung pada SDM yang ada yakni para Bapak/Ibu sekalian. Berbagai hal terkait dengan kebijakan sedang kita rencanakan untuk mendukung kemajuan kampus sehingga memberikan manfaat yang besar bagi seluruh sivitas akademika dan keluarga besar UIN Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *