breaking news

Pimpinan Universitas Bercengkrama dengan Dhuafa Sekitar Kampus

December 22nd, 2017 | by admin
Pimpinan Universitas Bercengkrama dengan Dhuafa Sekitar Kampus
Berita
0

Malang 22/12/2017, Pagi hari jumat 22 Desember 2017 bertepatan dengan jumat legi tanggal 3 rabiul akhir menjadi momen yang berkesan bagi warga kampus. Bukan karena ada tamu dari luar negeri maupun dari instansi bonafit, namun tamu tersebut datang dari para dhuafa sekitar kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kehadiran para dhuafa tersebut adalah dalam rangka menghadiri undangan dari pimpinan Rektorat untuk memberikan santunan bagi para dhuafa sekitar kampus yang terlaksana berkat kerjasama antara LP2M dengan El-Zawa.

Hadir pada kegiatan ini tidak kurang dari 20 para janda tua sekitar kampus dengan disambut oleh Rektor, Wakil Rektor 3, Wakil Bupati Malang dan para pejabat di lingkungan kampus serta dari lembaga Baznas Kota Malang. Dalam sambutanya Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag menjelaskan bahwa UIN ingin hadir dan membantu warga sekitar kampus agar warga juga mengenal kampus dengan baik. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin tiap bulan dengan sasaran yang selalu dikembangkan serta diperluas sehingga kita warga kampus mengenal dengan baik warga sekitar kampus terlebih mereka yang membutuhkan bantuan.

Pada sesi terpisah Rektor bersama dengan ketua Baznas Kota Malang Dr. Fauzan Zenrif merumusan beberapa hal yang secara strategis diharapkan mampu memberikan pemberdayaan bagi warga masyarakat sekitar kampus. Beberapa arahan rector dalam pertemuan tersebut adalah:

  • LP2M segera melakukan pendataan potensi ekonomi mustahiq di sekitar kampus, Sumbersari, Merjosari dan Ketawanggede.
  • LP2M menyiapkan konsep pengembangan ekonomi masyarakat miskin sekitar kampus.
  • Baznas Kota Malang menyiapkan dana produktif dan el-Zawa menyiapkan kebutuhan konsumtif.
  • El-Zawa mengusahakan lahan dan tempat pengolahan limbah sampah organik dan non organik dr UIN Maulana Malik Ibrahim dan Baznas menyiapkan mesin pengolah sampah.

Dengan berbagai aktifitas serta target yang sudah dicanangkan ini, diharapkan bulan depan sudah dimulai pencairan dana produktif Baznas ke el Zawa untuk kemudian dimanfaatkan bagi pengembangan ekonomi komunitas di sekitar UIN Maulana Malik Ibrahim tutur Ketua Baznas Kota Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *