breaking news

LP2M ber-Sinergi dengan Lurah se-Kecamatan Lowokwaru

January 18th, 2018 | by admin
LP2M ber-Sinergi dengan Lurah se-Kecamatan Lowokwaru
Berita
0

LP2M  terus mematangkan persiapan kegiatan “UIN Mengabdi 2018”. bertempat di kantor Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim, bersama dengan Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Ketua el-Zawa dan Para Lurah se-Kecamatan Lowokwaru  melakukan koordinasi dan mapping kebutuhan pada masing-masing kelurahan di Kecamatan Lowokwaru. Kegiatan yang sudah direncanakan lama ini dihadiri oleh seluruh Lurah yang terdapat di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yakni Lurah Jatimulyo, Lowokwaru, Tulusrejo, Mojolangu, Tasikmadu, Tunggulwulung, Dinoyo, Merjosari, Tlogomas, Sumbersari, Tunjungsekar dan  Ketawanggede.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag selaku rektor UIN Malang. Beliau menjelaskan bahwa pengabdian yang dirancang ini adalah pengabdian yang berbasis pada keilmuwan serta bidang akademik dosen di lingkungan kampus. Sebagai gambaran umum di UIN memiliki 7 Fakultas dengan 1 sekolah pascasarjana. Kesemuanya memiliki bidang keilmuwan masing-masing serta konsentrasi yang beragam bahkan tidak sedikit yang jadi kyai maupun memiliki pondok pesantren. Melalui UIN Mengabdi ini kami berinisiatif untuk bekerjasama dalam membangun dan memberdayakan masyarakat yang ada disekitar kampus agar berdaya. Sesuai dengan ajaran al-quran itu kan mendahulukan yang dekat, jadi kami memilih Lowokwaru sebagai mitra agar semangat pemberdayaan ini dapat berjalan dengan baik karena kita secara wilayah yang sama.

Selain LP2M sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat, di UIN juga ada lembaga El-Zawa yang bertugas dalam mengumpulkan serta menyalurkan dana zakat para karyawan serta dosen di lingkungan kampus. Kedua lembaga inilah yang nantinya akan bersinergi dengan para dosen dalam menganalisis dan mendampingi potensi masyarakat disatuan kerja bapak ibu sekalian, papar Prof. Haris yang disambut tepuk tangan para peserta rapat.

Hadir dalam acara tersebut Camat Lowokwaru yang memberikan respon atas paparan yang disampaikan Rektor. Dalam tanggapanya camat menjelaskan bahwa program ini merupakan kegiatan yang sangat menarik karena kampus membuka peluang bagi kami dalam memberdayakan masyarakat. Kami dengan senang hati dan sangat mendukung kegiatan ini karena kami dibantu oleh kampus UIN Maulana Malik Ibrahim yang luar biasa ini. semoga sinergi yang baik ini nantinya dapat berkelanjutan, jadi tidak hanya dalam satu program namun pada kegiatan pemberdayaan pada tahun berikutnya.

Ketua LP2M Dr. Hj. Tutik Hamidah, M.Ag menyampaikan sebagai tanggapan sekaligus penjelasan berbagai potensi SDM yang dimiliki UIN, bahwa kampus sangat konsen dalam memberikan bantuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar kampus. Para dosen yang terlibat dalam kegaitan UIN Mengabdi nantinya akan terlibat aktif bersama masyarakat degan merespon isu-isu nasional seperti masalah kerukunan antar umat beragama, kemiskinan dan berbagai issu lainya sehingga pengabdian yang dilakukan akan tepat sasaran. Melengkapi penjelasan yang sudah disampaikan sebelumnya, ketua El-Zawa Nurul Yaqin, M.PdI menambahkan bahwa el-Zawa akan selalau bersinergi dengan LP2M dan para Lurah dalam proses penyaluran hak mustahik zakat. Program yang sudah dilakuka banyak yang nantinya dapat di sinergikan dengan berbagai program Kelurahan serta program pengabdian yang di ikuti oleh para dosen dilingkungan UIN Malang. (sholehudin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *