Penerimaan KKM UIN Mengabdi 2018 oleh Lurah Tlogomas

Jum’at, 8 September 2018: Mengawali kegiatan KKM UIN Mengabdi 2018, rombongan mahasiswa peserta KKM dan Dosen Pembimbing Lapangan melakukan kunjungan, dan melakukan pertemuan dengan Lurah, pejabat kelurahan, tokoh masyarakat, serta beberapa pengurus RW di Kantor Kelurahan Tlogomas Kota Malang.

Dalam sambutannya, Lurah Tlogomas Aryadi Wardoyo menyampaikan berbagai informasiĀ  khususnya tentang gambaran umum profil kelurahan, mulai dari jumlah warga, tipologi masyarakat, sampai dengan beberapa pengembangan UMKM. Menurutnya keberadaan UMKM mulai dari usaha keramik, olahan makanan ringan, pupuk cair, pembuatan kompor minyak, dan lainnya sudah ada di wilayahnya, akan tetapi selama ini produk UMKM tersebut masih dipasarkan oleh pengusaha lain di luar warga Tlogomas. Selain itu, hingga saat ini belum ada kampung yang secara khusus memproduksi produk yang sama sehingga menjadi ciri yang melekat, seperti beberapa kampung-kampung lain di Kota Malang. Ada kampung kripik tempe di Wilayah Sanan, Kampung Keramik di Dinoyo, Kampung Mebel di wilayah Kemirahan, dan lainnya.

Salah satu program unggulan yang menjadi harapan lurah dan beberapa warga Tlogomas yaitu menjadikan dan mengembangkan Tlogomas menjadi kampung budaya yang dikenal oleh khalayak umum, melalui kampung budaya ini selain upaya untuk tetap melestarikan budaya lokal dapat terwujud, juga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Dalam sambutan akhir, Lurah Tlogomas mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada UIN Maulana Maik Ibrahim Malang atas kepercayaannya, sekaligus menetapkan Kelurahan Tlogomas sebagai subyek KKM UIN Mengabdi 2018. Beliau berharap program kegiatan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan warganya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *