Launching Pupuk Bokashi Pucangsongo Pakis Kab. Malang

Kab. Malang, 21 Januari 2019: Salah satu program kegiatan yang dilakukan oleh oleh peserta KKM UIN Mengadi 2019 kelompok 47 dan 182 yaitu pelatihan pembuatan Pupuk Bokashi. Pupuk Bokashi adalah hasil fermentasi bahan-bahan organik seperti sekam, serbuk gergajian, jerami, kotoran hewan dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut difermentasikan dengan bantuan mikroorganisme aktivator yang mempercepat proses fermentasi. Campuran mikroorganisme yang digunakan untuk mempercepat fermentasi dikenal sebagai effective microorganism (EM). Penggunaan EM tidak hanya mempercepat proses fermentasi tetapi juga menekan bau yang biasanya muncul pada proses penguraian bahan organik.

Guna memperkenalkan halayak umum, termasuk masyarakat sekitar wilayah KKM di Desa Pucangsongo Pakis Kab. Malang, pada Senin 21 Januari 2019 diselenggarakan  Launching Pupuk Bokashi sekaligus seminar motivasi pendidikan oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hadir dalam acara tersebut para pimpinan Kecamatan Pakis, perangkat desa, dan warga masyarakat di wilayah tersebut.

Di akhir kegiatan dilakukan penanaman pohon buah secara simbolis oleh Rektor, dan para undangan, sekaligus ujicoba pemanfaatan produk Pupuk Bokashi produk hasil pelatihan selama KKM berlangsung. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *