Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama oleh FKUB Bersama Kapus Sosial Budaya

Malang, 11 Maret 2019 – Guna mengokohkan kerukunan antar umat beragama di wilayah kota Malang, rombongan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Malang melaksanakan dialog bersama, yang diselenggarakan di gedung pertemuan lantai 3 rektorat UIN Malang.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan FKUB mulai dari ketua yang dipimpin oleh Bapak H. Ahmad Taufik Kusuma, serta perwakilan dari masing-masing pimpinan pemuka agama baik dari Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha. Dalam sambutannya, ketua FKUB menyampaikan tentang tugas FKUB kabupaten/kota, antara lain: melakukan dialog dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat; menampung aspirasi ormas keagamaan dan aspirasi masyarakat; menyalurkan aspirasi ormas keagamaan dan masyarakat dalam bentuk rekomendasi sebagai bahan kebijakan gubernur; melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan dan kebijakan di bidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat; dan memberikan rekomendasi tertulis atas permohonan pendirian rumah ibadat.

Acara dialog secara umum dipandu langsung oleh ketua LP2M UIN Malang, Dr. H. Tutik Hamidah. Beberapa rekomendasi, antara lain: perlu dilakukan seminar bersama dalam rangka meningkatkan kerukunan antar umat beragama di kampus; penelitian-penelitian yang mengambil tema berkaitan dengan kegiatan kerukunan antar umat beragama sangat penting dilakukan oleh civitas akademika UIN Malang dengan melibatkan FKUB; pentingnya saling mawas diri bagi seluruh umat beragama terhadap semua hal yang menjadi pemicu adanya gesekan maupun hal-hal yang tidak diinginkan bagi kodusifitas di kota Malang; beberapa dosen berharap dilibatkan (diundang) dalam kegiatan diskusi rutin yang diselenggarakan oleh FKUB; rekomendasi dari perwakilan agama Hindu hendaknya masyarakat melihat bagaimana Hindu rumit tetapi tidak ada konflik; dari UIN Press memfasilitasi FKUB dalam penulisan dan percetakan buku-buku yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama.

Dalam acara tersebut, diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.[*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *