Pembekalan KKM UIN Mengabdi Tahap II Tahun 2019

Malang, 2-3 Juli 2019; Guna membekali mahasiswa dalam pelaksanaan KKM UIN  Mengabdi Tahap II Tahun 2019 dilakukan pembekalan KKM. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini dibuka langsung oleh Ketua LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dr. Hj. Tutik Hamidah, MA. Dalam sambutannya  belau menyampaikan bahwa KKM UIN Mengabdi diilaksanakan dua kali dalam setahun yang diharapkan dapat menyesuaikan dengan jadwal seluruh mahasiswa. Jadwal yang dimaksud adalah jadwal Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang berbeda-beda antar fakultas, selain itu pada periode Juli 2019 ini LP2M juga akan memberangkankan delegasi KKN Nusantara UIN Malang ke IAIN Samaridah.

Acara dilanjutkan dengan pembekalan teknis pelaksanaan KKM oleh sekretaris LP2m, gambaran prifel lokasi KKM oleh Camat Jabung, dan pelatihan peningkatan kesejateraan masyarakat tentang kewirausahaan di wilayah Jabung.

Pada hari ke-2  materi difokuskan pada pemanfaatan ICT mengadirkan pemateri dari luar yaitu Bapak Agus Afandi dari UIN Sunan Ampel Surabaya, untuk menjelaskan metodelogi ABCD yang nanti nantinya dapat diaplikasikan selama pelaksanaan KKM berangsung. Menurutnya “salah satu metode ABCD dalam pengabdian menitik beratkan pada penemuan aset yang dimiliki masyarakat”. Jika disuatu wilayah tidak ditemukan problem, maka ABCD merupakan metode yang tepat, termasuk dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga.

Kegiatan yang diikuti sekitar 300 mahasiwa dan para DPL tersebut berjalan dengan lancar, dan sukses. [*]

 

Materi P. Agus Afandi [1], [2], dan [3]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *