Workshop Metodologi Pengabdian Masyarakat berbasis Riset 2019

Malang, 18-19 Oktober 2019; Sekitar 120 dosen di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti Workshop Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Riset yang diselenggarakan oleh LP2M. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini menghadirkan 3 ahli dibidang Pengabdian kepada Masyarakat, dan dibuka langsung oleh Ketua LP2M Dr. Hj. Tutik Hamidah, MA. Sebelum membuka acara Dr. Tutik menyampaikan tujuan umum kegiatan workhop yaitu memberikan bekal metode pengabdian berbasis riset, baik Participatory Action Research (PAR), Asset Based Community Development (ABCD), sekaligus bagaimana teknik penulisan artikelnya.

Pada hari pertama sesi awal, Rahadi Al-Paluri Direktur SUSDEC LPTP Surakarta menjelaskan tentang metode PAR dan aplikasinya. Sementara itu, Drs. Agus Afandi, M.Fil.I. Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya memberikan penjelasan tentang konsep ABCD, dan langka praktis yang dapat dilakukan oleh dosen selama melakukan pengabdian. Di sesi akhir teknik menyusun proposal, laporan,  dan jurnal pengabdian masyarakat berbasis riset transformatif secara singkat dijelaskan oleh Ariprihatna, Ph. D dosen Universitas Negeri Malang.

Kegiatan workshop ini selanjutnya dilanjutkan melalui kegiatan praktik yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Jabung Kabupaten Malang[*]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *