Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi Internasional Tahun 2020 Periode-2

Malang, 2 November 2020; LP2M menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi Internasional Tahun 2020 Periode-2 dengan nara sumber Prof. Irwan Abdullah. Kegiatan yang  bertempat di Lt. 3 Ruang pertemuan Rektorat UIN Malang, mulai Pukul 08,00 WIB sampai selesai.

Di awal kegiatan, semua peserta diminta untuk membuat tulisan pendek yang berisi tema, introduction, literature review, method, results, discussion, dan conclussion dalam kolom praktis. Pada komponen introduction yang perlu dijelakskan berisi mengapa fenomena itu perlu diteliti, pada literature review berisi mengapa harus ditulis? apa tulisan yang ada kurang?, pada method, berisi bagaimana dilakukan: apakah data/bukti mencukupi, pada discussion berisi tentang apa implikasi dari adanya masalah, dan apa yang menyebabkan masalah itu. dan pada conclusion menjelaskan tentang tindakan apa yang harus diambil sejalan dengan masalah yang muncul.

Pada sesi diskusi awal nara sumber utama Prof. Irwan menjelaskan tentang karakteristik artikel pada jurnal. Menurutnya ideologi penulisan jurnal berisi tentang apa yang orang lain belum tahu, termasuk belum perna ada, artikel pada jurnal bukan laporan R&D yang berisi tentang apa yang bisa kita ubah. Jurnal lebih suka pada artikel berupa temuan, bukti perbedaan, termasuk informasi tentang dampak minimal. Selain itu yang terpenting menurutnya pengalaman yang dituangkan dalam penelitian hendaknya memunculkan banyak artikel, ada yang diunggah di scopus, sinta, bahkan jurnal yang belum terakreditasi manapun.

Bimbingan teknis kali ini diikuti sekitar 20-an peserta, dan nantinya secara praktis akan dilanjutkan di Yogyakarta. Outcome hasil kegiatan ini yaitu publikasi artikel pada jurnal bereputasi internasional. [*]

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *