Webinar A Critical Analysis of the Science-Religion Integration in Indonesia Universities

Malang, 6 November 2020; Pusat Studi Islam Sains (PSIS) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan webinar dengan tema A Critical Analysis of the Science-Religion Integration in Indonesia Universities pada 4 November 2020 lalu. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor tersebut menghadirkan Prof . Dr. Anas Saidi, MA. dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Jakarta, dan Prof. Dr. Ir. Abdullah Shahab, M.Sc. dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Dalam pembukaannya Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyitir tentang ayat al-Qu’an yang pertama kali turun yaitu surat al-‘Alaq, yang secara gamblang menjelaskan tentang konsep integrasi, konsep integrasi dalam islam sesunggunya bukan bersifat dikotomi. Konsep integrasi sejak awal dibawa oleh islam, proyek utama bagi umat islam adalah melakukan pengambangan sains dan teknologi agar islam berjaya kembali.

Dalam presentasinya, Prof. Abdullah Shahab menjelaskan tentang posisi ilmu dalam islam dalam surat Fathir, 27-28, selanjutnnya dilanjutkan dengan desain dan telaah sains dalam kajian sains dan al-Qur’an. Sementara itu Prof. Anas menjelaskan konteks posisi wahyu dalam sains, epistimologi islam, dan gambaran umum agama dan ilmu agama [*].

Link: youtube webinar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *