Peserta KKM Siap Bermetamorfosa Melalui Pengabdian

LP2M. (03-04/05/14) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menggelar acara yang membuat suasana rektorat lantai 5 seakan cetar membahana, kegiatan tersebut adalah acara pembekalan peserta KKM Tematik Posdaya Berbasis Masjid. Acara yang bersifat wajib ini dihadiri tak kurang dari 338 mahasiswa UIN Maliki lintas jurusan ini terbilang sukses, karena dari awal hingga akhir semua peserta terlihat antusias dalam mengkuti semual alur kegiatan dan tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaanya.

Pada hari pertama ada 4 sesi yang disampaikan oleh para narasumber-narasumber handal diantaranya: Dr. Hj. Mufidah Ch, M. Ag, Mualifah, MA, Dr. Mahpur, dan Jamilah MA tentang konsep posdaya berbasis masjid dan Analisis  Sosial, sedangkan di hari kedua, ada 3 sesi yang diisi oleh Dr. Hj. Mufidah Ch, M. Ag, Jamilah MA dan Miftahus Sholehudin, M.HI tentang teknik fasilitsi, teknik membuat program dan  laporan  serta teknik jejaring dengan masyarakat. Semua peserta terlihat enjoy dan menikmati pembekalan ini, karena disela-sela materi terdapat ice breaking menarik yang dikoordinir oleh para volunteer, ada tepuk-tepuk, nyanyi, senam otak bahkan Role Playing.

Dengan adanya pembekalan ini, seluruh pihak terkait berharap agar mahasiswa KKM 2014 yang akan terjun di masyarakat ini menjadi pengabdi sejati yang mampu membuat masyarakat sejahtera dengan segala upaya, baik potensi alam yang belum tergali, ekonomi yang terpuruk, pendidikan yang belum memadai maupun masjid yang kurang perhatian. Semua itu hanya angan semata jika tidak disertai dukungan dan aksi nyata dari seluruh komponen kampus dan masyarakat. (Atika Mustaghfiroh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *