Seminar Nasional Produk Halal

Malang, 28 Agustus 2018; Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, sudah menjadi kepatutan bahwa produk halal menjadi hal yang sangat penting bagi masyarakat. Berbagai produk yang dikonsumsi oleh masyarakat baik dari dalam negeri, maupun yang diimpor dari luar harus memenuhi sertifikasi halal. Untuk mendukung upaya pemerintah dan harapan masyarakat terutama dalam menyediakan produk halal, LP2M melaksanakan kegiatan Seminar Nasional Produk Halal dan Toyyib.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan pengetahuan tentang produk halal, memecahkan permasalahan seputar produk halal, dan strategi praktis untuk ikut berperan dalam membantu UMKM khususnya dalam proses pengurusan PIRT dan merk dagang.

Hadir dalam acara ini selain para dosen dan tenaga kependidikan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yaitu pemilik UMKM di wilayah Malang Raya dan sekitarnya. Sebagai pemateri Ketua MUI Kota Malang KH. Baidhowi Muslich, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur Dr. Mas Purnomo Hadi, M.M, serta Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi halal Siti Aminah, S.Ag.

Dalam sambutannya Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag menyampaikan bahwa penyelengaraan seminar sertifikat halal dan tayyib ini merupakan amanah Rasulullah. Menurutnya bahwa makanan halal itu dibagi menjadi dua, yaitu halal secara hukum atau berkaitan dengan cara memperolehnya, dan halal dalam konteks zat-nya. Diakhir sambutannya ia menyampaikan bahwa “Apa yang dilakukan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini salah satunya bertujuan untuk memberikan dan sekaligus mengontrol segala jenis makanan yang halal dan tayyib yang ada di Masyarakat.

Sementera itu, Ketua LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Ibu Dr. Tutik Chamidah, MA. menyampaikan tentang pentingnya pelaksanaan kegiatan ini bagi masyarakat pelaku usaha UMKM, sekaligus menyinergikan dan mengedukasi kepada pelaku usaha dengan pemerintah Kota Malang yang sedang giat mengembangkan Wisata Halal.[*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *