Pembekalan KKM UIN Mengabdi 2018

Senin, 3 September 2018; Sebagai lembaga yang memiliki tugas dan fungsi utama memfasilitasi proses penelitian dan pengabdian masyarakat, serta publikasi ilmiah,  LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan kegiatan pembekalan KKM UIN Mengabdi 2018 pada Senin, 3 September 2018. Dalam sambutannya Ketua LP2M Ibu Hj. Dr. Tutik Hamidah, M. Ag, menyampaikan tentang perihal KKM yang merupakan bentuk perkuliahan khususnya berkaitan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa diharapkan dapat mengimplementasikan 80% pengetahuan, keahlian, dan keterampilan sesuai dengan bidang keilmuannya di masyarakat, dan sisanya 20% berupa kegiatan yang lain yang sifatnya umum dan islami diluar kompetensinya.

Secara umum, pembekalan KKM ini bertujuan untuk  memberikan wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan teknik untuk melaksanakan kegiatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan KKM mulai dari observasi dan perencanaan sampai dengan evaluasi hasil pembuatan laporan, sehingga mahasiswa benar-benar siap dalam melaksanakan KKM.

Kegiatan KKM UIN Mengabdi 2018 ini dilaksanakan mulai awal September 2018 sampai dengan akhir Oktober 2108, bertempat di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2015, 2014, dan 2013 yang sebelumnya belum mengikuti KKM. Secara khusus program kerja yang dilaksanakan selama KKM yaitu “membantu meningkatkan dan mengembangkan kualitas keagaamaan, pendidikan, kesehatan dan lingkungan, perekonomian, dan lainnya yang sesuai dengan kompetensi mahasiswa dan kebutuhan masyarakat”. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *