Bersama 5 PTI Mahasiswa UIN Malang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara Moderasi Beragama di Kab. Kabupaten Halmahera Barat

Malang, 22 JuLi 2022; Bersama mahasiswa dari 5 PTIN/PTIS, mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara Moderasi Beragama yang diselenggarakan mulai tanggal 19 Juli-28 Agustus 2022. KKN yang dilaksanakan di 6 lokasi desa di Kabupaten Halmahera Barat diikuti sekitar 100 mahasiswa. Enam Desa yang menjadi lokasi KKN tersebut antara lain: Desa Akelamo, Desa Taruba, Desa Peot, Desa Sidangolidehe, Desa Bangkit Rahmat, dan Desa Biamaahi. Komunitas masyarakat desa tersebut terpilih karena merupakan komunitas yang multikultur, baik dari sisi pemeluk agama, ras, suku, maupun bahasa.

Sekitar 100 mahasiswa  bergabung dalam program KKN ini.  Selain dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, diikuti juga dari berbagai perguruan tinggi yaitu: IAIN Ternate sekaligus koordinator penyelenggara,  UIN-SA Surabaya, IAIN Kediri, UIN Datokarama Palu, dan IAI Assidiqiyah Ternate.

Secara teknis, dalam program ini mahasiswa berkolaborasi melakukan pengabdian berbasis riset dengan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) sebagai upaya memperkokoh tali persaudaraan antar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dan membangun kekuatan persaudaraan dengan masyarakat di lokasi KKN yang terdiri atas berbagai ras, suku, bahasa, dan agama.

Pada sesi pembekalan sebelum pelepasan KKN, Asisten 1 yang mewakili Bupati menyampaikan bahwa kehadiran mahasiswa KKN dari berbagai perguruan tinggi sangat diharapkan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat dengan potensi wilayah dan ketersediaan Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah, yang dapat dikembangkan secara kreatif dan inovatif, sehingga dapat terbantu meningkatkan kesjehateraan masyarakar. Di akhir sambutan beliau juga berharap program ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, bila perlu dilakukan selama 4 kali dalam setahun. [*]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *