Workshop Metodologi Penelitian LP2M Tahun 2022

Seiring dengan visi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim untuk menjadi perguruan tinggi unggul dan bereputasi internasional terus dilakukan, seperti yang dilakukan LP2M UIN Maliki Malang menggelar workshop metodologi penelitian berbasis riset untuk meningkatkan mutu penelitian bagi dosen di lingkungan UIN Malang, Selasa (7/6).

Hadir sebagai pemateri ahli Prof. Dr. Irwan Abdullah menjelaskan teknik menulis hasil reset yang bisa go internasional. Prof. Irawan mengajak seluruh peneliti di lingkungan UIN Maliki Malang untuk selalu enjoy dalam menulis. Pasalnya, menulis itu jika teknik dan gaya selingkungnya dikuasai akan lebih mudah dalam menyusunnya. “Research bisa bawa kita kemana-mana dan bisa menghilangkan kebosanan,” ujarnya.

Untuk bisa menulis yang baik, kata profesor UGM ini, tentu seorang peneliti harus memenuhi empat syarat penelitian ini, setiap paper risetnya harus bisa memunculkan dan menjawab permasalahan yang diteliti.

Selain itu, uji teori atau hipotesis yang diambil harus sesuai dengan apa yang diteliti, pilihan objek dan sampling penelitiannya pun juga harus spesifik dan terukur. “Peneliti juga harus bisa menentukan teknik pengumpulan data dan analisisnya harus dilakukan dengan prosedur yang benar sehingga menghasilkan data, bukan pendapat atau kesan peneliti yang sifatnya subjektif,” paparnya.

Sementara itu, Ketua LP2M UIN Malang Prof. Dr. H. Agus Maimun, M.Pd dalam sambutannya menegaskan kembali bahwa seorang peneliti harus bisa memberikan hasil risetnya dengan jujur dan bisa dipertanggungjawabkan keilmuannya secara akademis. “Jangan sampai hanya ingin cepat saja tapi dengan cara tidak tepat,” pesannya.

Peneliti, tambah dia, harus bisa menunjukkan data dukung hasil penelitiannya dengan benar dan memiliki persyaratan ilmiah yg memadai. “Semoga workshop ini bisa meningkatkan mutu penelitian yang unggul dan bisa memberikan bekal semangat meneliti bagi dosen UIN Malang sehingga ke depan jumlah guru besar bisa terus bertambah,” harapnya.

Materi: Metodelogi Penelitian Prof. Irwan

Rekaman Youtube:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *