breaking news

Pembekalan Menjadi Tahap Awal Pengabdian

April 3rd, 2015 | by admin
Pembekalan Menjadi Tahap Awal Pengabdian
Berita
0

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik Posdaya Berbasis Masjid yang digagas oleh LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan bagian penting dari proses pembelajaran pendidikan bagi mahasiswa di masyarakat. Untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah,dan kelak mahasiswa pun akan hidup bersama dengan  masyarakat. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai kampus pelopor  Posdaya Berbasis Masjid selalu meng-update perkembangan Posadaya Berbasis Masjid dan terus melakukan pembenahan. Maka dari itu KKM adalah agenda tahunan yang akan selalu rutin di selenggarakan. Akan dilaksanakan nya KKM 2015, LP2M mengadakan pembekalan yang dimulai pada tangal 18 April 2015 sampai 09 Mei 2015 , kegiatan tersebut di laksanakan di tiga tempat yaitu gedung Rektorat lantai 5, gedung saintek utara dan selatan.

Acara yang dimulai dari pukul  08.00 sampai dengan pukul 16.00 pada hari sabtu dan pukul 08.00 sampai pukul 15.00 pada hari minggu tersebut dilaksanakan selama satu bulan penuh, dan dibagi dalam empat gelombang pada setiap minggunya. Para peserta KKM terlihat penuh semangat dalam mengikuti  pembekalan. Canda tawa selalu terpancar di wajah para peserta KKM 2015 dalam mengikut setiap  rangkaian  acara yang ada, mereka sangat antusias diskusi materi-materi pembekalan dari Konsep Posdaya, Analisis SWOT, ANSOS, LFA (Logical framework Activity) dan lain-lain. Para peserta merasa bahwa ilmu yang mereka dapat dalam pembekalan tidak pernah mereka dapat di dalam bangku kuliah, bukan hanya kecerian itu yang terlihat dari  raut wajah mereka, senang pun terpancar karena bahagia mendapat teman-teman baru, ada yang sekelompok dengan saudara dan bertemu  dengan kakak relawan yang baik dan lucu-lucu tutur seorang peserta KKM.

Ketika usai acara seorang peserta Pembekalan KKM yang bercerita bahwa awalnya dia akan berfikir bahwa pembekalan akan suntuk, dan membosankan. Namun setelah ia masuk dalam ruangan dia merasa jauh dari apa yang ia banyangkan bahwa ternyata acaranya pembekalan seru abis menurut dia. Apa lagi ketika mendengar materi dari Ibu Dr. Hj.Mufidah Cholil M.Ag selaku Ketua LP2M, dengan semangat beliau yang membara-bara seperti kaula muda yang selalu membara semangatnya, usia bukan menjadi penghalang untuk beliau terus berkarya dan mengabdi , dan dengan suara merdu beliau sempat menghibur para peserta.

Bukan hanya para peserta yang terpanah dengan suara merdu ibu Dr. Hj. Mufidah Cholil M.Ag para peserta pun terkesima dengan aksi pemaparan para pemateri yang luar biasa semangat dan lucu-lucu, bahkan mereka merasa dekat dengan para pemateri yang biasanya kalau kuliah mereka bertemu para dosen-dosen pemateri merasa jauh dan cangung karena terpisah jarak antara dosen dan mahasiswa. Namun ketika pembekalan mereka merasa dekat dan hangat dengan para pemateri yang yang berperan sebagai fasilitator forum.

Canda tawa tambah semakin melebur ketika seluruh peserta dengan seluruh kakak-kakak relawan dan pemateri diminta bergoyang penguin, semua bergoyang tanpa ada batas pemisah atar satu sama lain, peserta pun minta di ulang-ulang untuk bergoyang pingkuin lagi. Bahkan para peserta pun terasa seakan sudah membayangkan bagaimana indah dan serunya terjun KKM di masyarakat karena pembekalan saja sudah seru apa lagi pas terjunnya pasti tambah seru tutur seorang peserta KKM.

Pada tiap hari minggu akhir pembekalan setiap gelombang gemuruh sorak mewarnai setiap ruangan karena melihat rekap presensi kehadiran mereka selama dua hari, ada yang protes ada yang bahagia karena tidak mengikuti tapi ada tanda tangan, da nada juga yang emosi, marah, berubah menjadi kehangat layaknya keluarga karena para relawan mampu menyatukan mereka. Tak ada dendam  yang ada senyum, canda, tawa dan bahagia bersama untuk mensukseskan KKM 2015.(Ammy Apriany)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *