Pusat Studi Islam dan Sains

Pusat Studi Islam dan Sains, disingkat PSIS, secara historis merupakan perubahan dari Lembaga Kajian al-Qur’an dan Sains (LKQS) dan Pusat Kajian Sains dan Islam (PKSI) yang sebelumnya masing­masing berdiri sendiri. Seiring dengan lahirnya Peraturan Menteri Agama RI Nomor: 8 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Pusat Studi Islam dan Sains (PSIS), direstrukturisasi menjadi salah satu dari lima Pusat Studi di LP2M.

Pembentukan Pusat Studi Islam dan Sains diharapkan menjadi kekuatan strategis dalam mengkaji dan mengembangkan tradisi intelektuallslam (Islamic intelectual tradition) serta menunjang terwujudnya struktur keilmuan yang berorientasi pada integrasi ilmu dan Islam. Secara institusional, sekurang-kurangnya pada periode 2013-2017, PSIS mengembangkan misi mewujudkan salah satu dari sembilan prioritas kerja UIN Maliki Malang, yaitu penguatan Integrasi Islam dan Sains. Secara khusus, PSIS memberikan tekanan pada penelitian dan pembinaan akademik dan kelembagaan tentang pengejawantahan misi UIN Maliki Malang melahirkan Ulama Intelektual yang Profesional, atau Intelaktual profesional yang Ulama.

Berangkat dari semangat dan orientasi itulah PSIS menyusun kerangka kerja dalam menjalankan aktivitasnya dalam rangka mewujudkan cita-cita besar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi center ot excellence and Islamic civilization melalui pengembangan budaya akademik dan tradisi intelektual lslam.

VISI

Menjadi pusat studi Islam dan Sains terkemuka dalam riset dan pengembangan konsep dan pembinaan akademik dan kelembagaan dalam bidang Integrasi Islam dan Sains.

MISI

  1. Menciptakan dan memelihara kultur akademik di Universitas yang memadukan secara akademis dan kelembagaan antara Islam dan Sains.
  2. Memformulasikan model-model dan strategi integrasi Islam dan Sains;
  3. Menyelenggarakan riset dan pengembangan strategi pendidikan dan kajian tafsir al-Qur’an melalui eksplorasi khazanah intelektual Islam;
  4. Melakukan kajian terhadap karya-karya filsafat dan sains, produk para pemikir Muslim;
  5. Mengembangkan kajian dan penelitian berparadigma integrasi Islam dan Sains;
  6. Mendokumentasikan dan mengkomunikasikan aspek-aspek keilmuan yang terkait dengan berbagai institusi sosial-budaya serta hasil pemikiran, kajian dan penelitian ilmiah.

TUJUAN

  1. Merumuskan kerangka konseptual dan kerangka kerja perwujudan integrasi Islam dan dan sains di UIN Maliki Malang.
  2. Melakukan pembinaan akademik dan kelembagaan di tingkat fakultas dan program studi untuk mewujudkan integrasi Islam dan sains.
  3. Mengembangkan studi dan penelitian dalam rangka perancangan kebijakan program pengembangan studi Islam dan sains.
  4. Melakukan pendampingan, perlindungan, dan pemberdayaan studi Islam dan sains dalam mengembangkan potensi masyarakat luas bagi peningkatan kualitas hidup, kesempatan dan perannya dalam pembangunan bangsa dan negara melalui penguasaan ilmu dan teknologi (Iptek).
  5. Mengembangkan komunikasi dan kerjasama efektif dengan lembaga eksternal baik ditingkat regional maupun internasional dalam konteks pengembangan studi Islam dan sains.
  6. Melakukan kerjasama nasional dan internasional dalam rangka penyelenggaraan riset dan pengembangan integrasi Islam dan sains.

Ruang Lingkup & Program Keahlian

Melalui rumusan visi, misi, dan tujuan di atas PSIS berusaha mengembangkan program-program sebagai berikut:

  1. Pengembangan riset ilmiah dalam bidang integrasi Islam dan sains.
  2. Pembinaan akademik dan kelembagaan bagi penyelenggara pendidikan di UIN Malaiki Malang dan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia.
  3. Pendidikan dan pelatihan kompetensi integrasi Islam dan sains.
  4. Publikasi karya-karya ilmiah bidang integrasi Islam dan sains.
  5. Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat ilmiah dan religius.

Program Kerja

  1. Melakukan kajian dan penelitian ilmiah berparadigma integrasi Islam dan sains dalam berbagai bidang.
  2. Pembinaan sivitas akademika melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan dalam rangka penguatan paradigma integrasi Islam dan Sains.
  3. Mengembangkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam bidang keilmuan dan pembinaan kemasyarakatan.
  4. Penerbitan jurnal dan publikasi ilmiah.
  5. Mengembangkan layanan data & informasi tentang peradaban dan pemikiran Islam (misalnya, melalui laboratorium al-Qur’an, microfilm, dan direktori).

Fasilitas

  1. Gedung megah di Perpustakaan Universitas lantai 1 yang digunakan sebagai kantor PSIS dan laboratorium Studi Islam dan Sains.
  2. Unit komputer, dilengkapi dengan digital collection yang dioperasikan dengan sistem LAN, sehingga berfungsi sebagai digital library dan sarana belajar dan diskusi yang memadai.
  3. Koleksi buku dan kitab tentang khazanah intelektual Islam klasik dan kontemporer.
  4. Mesin layanan copy data dalam bentuk CD, disket maupun print out.
  5. Ruang presentasi yang dilengkapi dengan paket meja sidang, LCD projector, dan perlengkapan lain yang dibutuhkan.