5 Konsensus dalam Penelitian dan Pengabdian Dirjen Diktis

GEMA-“Sekarang di UIN ini sedang terjadi kompetisi bagi para dosen dalam pengerjaan laporan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Tutik Hamidah. Kepala Unit LP2M UIN Malang ini membuka langsung acara yang bertema Paradigma Baru Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah. Juga bertugas sebagai moderator, Tutik menerangkan bahwa workshop yang diinisiasi oleh LP2M ini berfungsi untuk memfasilitasi dosen dalam menyelesaikan laporan penelitiannya. Acara yang dilaksanakan di Rektorat Lt. 5 ini menghadirkan Dr. Suwendi, M.Ag, Kamis (29/3).

Dalam pemaparannya, Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ini menjelaskan beberapa target capaian. Terdapat lima target capaian yang telah disepakati bersama yang kemudian menjadi konsensus subdit penelitian dan pengabdian masyarakat. Yang pertama, penelitian yang dipilih memiliki makna dan kontribusi langsung kepada masyarakat. Kemudian, hasil penelitian dan pengabdian memiliki guna dan dapat memberikan manfaat. Ketiga, penelitian yang telah dilakukan harus terpublikasikan. “Sehingga dengan publikasi ini diharapkan dapat diketahui oleh masyarakat luas tidak terbatas pada beberapa kalangan saja,” terang pria kelahiran Indramayu ini.

            Konsensus yang keempat, lanjut pria yang menyelesaikan S3 di UIN Syarif Hidayatullah ini adalah penelitian dan pengabdian tersebut memiliki dampak positif. Terutama pada peningkatan kualifikasi dan kompetensi sumber daya manusia yang ada di perguruan tinggi. Dan yang terakhir, proses penelitian, pengabdian dan publikasi dilaksanakan secara transparan. “Hingga saat ini proses ini selalu diawasi oleh rekan KPK, kawan inspektorat dan juga pemeriksa yang lain,” tutupnya. (ppt/nhl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *