Melalui Program Qaryah Thayyibah 2024, Madrasah Wajib Transform! Guru Harus Kuasai Kompetisi Sains dan Inovasi IT

Gresik, 11-12 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah, Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin (YPPQ) Bungah Gresik menggelar pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru MI, MTs, dan MA se-Yayasan. Kegiatan yang diinisi bersama LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam program UIN Mengabdi Qaryah Thayyibah (QT) ini bertempat di MTS Assa’adah 2 Sampurnan Bungah Gresik bertujuan untuk mempersiapkan para guru dalam mendampingi siswa-siswi dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan mengintegrasikan inovasi teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.

Acara yang dihadiri oleh para guru dari berbagai madrasah dilingkungan YPPQ ini diawali dengan survey dan perizinan oleh pihak peserta program QT, dilanjutkan dengan pelatihan serta monitoring dan evaluasi kegiatan. Tiga narasumber hadir memberikan materi, yaitu Qaryah Thayyibah Ahmad Abtokhi, Hisyam Fahmi, dan M. Sholahuddin.

Dalam paparan Abtokhi yang bertajuk “Bedah Karakteristik Soal KSM”, yang menjelaskan mengenai empat tipe soal yang akan diujikan dalam KSM tahun 2024. Selain soal murni, terdapat juga soal integrasi keislaman, yang mencakup aplikasi prinsip-prinsip keislaman dalam konteks ilmu pengetahuan, yang merupakan soal yang berkaitan dengan konsep sains tertentu yang tercermin dalam Al-Quran, Hadits, Sirah Nabawiyah, dan Yaumiyah, selain itu juga soal yang berbasis etnoSains, dan soal yang berkaitan dengan teknologi dalam pembelajaran.

Sementara itu, Hisyam Fahmi menyampaikan materi mengenai “ICT untuk Penunjang Pembelajaran”. Dalam sesi ini, Fahmi memberikan pemahaman kepada para guru tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas pengajaran.

Melalui pelatihan dan pendampingan ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru dalam mempersiapkan siswa-siswi untuk mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan menerapkan inovasi teknologi informasi dalam pembelajaran. Hal ini sejalan dengan tujuan KSM 2024 yaitu memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat mencetak generasi muda yang unggul dan berdaya saing di bidang sains dan teknologi. Dengan memadukan nilai-nilai keislaman dan kemajuan sains-teknologi, diharapkan madrasah dapat menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berwawasan global.

Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah Gresik berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah-madrasah yang berada di bawah naungannya. Pelatihan dan pendampingan guru dalam Kompetisi Sains Madrasah dan inovasi teknologi informasi merupakan salah satu upaya nyata dalam mewujudkan generasi muda yang unggul dan berakhlak mulia [*].