Silaturrahmi bersama Dirjen PDT

Malang, 9 Oktober 2018; Setelah menjadi nara sumber planary season pada kegiatan The 3Rd ICON-UCE 2018 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dirjen PDT Samsul Widodo menyempatkan bertemu langsung denganĀ  jajaran pimpinan UIN Malang dan pada pimpinan lembaga LP2M dari beberapa PTKIN guna membahas dan mendiskusikan beberapa hal berkaitan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Menurut Samsul Widodo, salah satu agenda kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa hendaknya dalam rangka mengawal berbagai proyek pemerintah khususnya pada tahun ke-2 setelah proyek selasai. Realita di pedesaan berbagai proyek tersebut terbengkalai oleh berbagai sebab, misalnya bantuan peralatan yang rusak, sebagian masyarakat tidak bisa memanfaatkannya secara optimal, dan seterusnya.

“perlu diciptakan pasar konsumen bagi produk yang dihasilkan oleh masyarakat desa, serta perlunya pengenalan dan peningkatan kemampuan masyarakat desa terhadap teknologi ICT, merupakan skala prioritas saat ini dalam meningkatan kesejahteraan masyarakat desa” ujar Samsul dalam arahan lanjutannya. Dia mencontohkan tentang upaya peningkatan ekonomi desa di wilayah NTT melalui informasi pasar buah Alpukat di Jakarta, sehingga nilai jualnya bertambah tinggi. Selain itu berbagai upaya lain termasuk pola kerjasama antara pemilik tambak, pemilik modal, dan konsumen pada pertanian tambak menjadi bahan informasi pada diskusi singkat pada sore menjelang petang itu. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *