Mahasiswa UIN Malang Mengabdi dan Bersinergi bersama Masyarakat di Wilayah Samarinda

Samarinda, 10 Juli 2019; Mulai 10 Juli sampai dengan 25 Agustus 2019,  beberapa mahasiswa dari 9 (sembilan) PTKIN yang pada awalnya merupakan rintisan IAIN Surabaya melakukan KKN/KKP Nusantara di wilayah Samarinda Kalimantan Timur. Dalam kegiatan ini, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengirimkan 6 (enam) mahasiswa. Mahasiswa yang merupkakan delegasi dari masing-masing fakultas tersebut, dipilih berdasarkan rekomendari pimpinan fakultas, kompetensi, serta prestasi yang dimilikinya.

Pada Tahun 2019 ini yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan KKN/KKP Nusantara  yaitu IAIN Samarinda. Pelepasan peserta KKN/KKP Nusantara dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Samarinda Bp. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd. di Auditorium Sultan AM. Sulaiman IAIN Samarinda. Dalam sambutannya, Ilyasin mengawali dengan pantun harapan “Hembusan obak memecah batu, Air dipantai nampak membiru.. umat Islam ayo bersatu, bersama PTKIN ayo kita maju“, pantun tersebut disambut dengan tepuk tangan yang meriah oleh perserta KKN, dan para hadirin yang hadir pada acara tersebut. Selain itu, beliau mengingatkan kepada mahasiswa peserta KKN tentang pentingnya learnig by doing, tugas universitas yaitu “mendekatkan antara mengetahui  dengan melakukan”, serta pentingnya event KKN sebagai upaya dalam menguji keshalehan ilmu, kesholehan soial, dan lainya. Diakhir sambutannya Rektor menyampaikan tentang pentingnya menjagah kredibilitas PTKIN, serta tujuan lain dari KKN/KKP Nusantara yaitu menjalin silaturrakhim.

 

Kegiatan KKN/KKP Nusantara ini rencananya dilaksanakan di 10 lokasi, dan diharapkan memberikan bekal yang nantinya sangat bermanfaat bagi mahasiswa. [*]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *