Pelepasan KKM UIN Mengabdi 2020

Malang, 27 Desember 2019; Bertempat di lapangan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebanyak 2922 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) secara resmi di lepas oleh Rektor Prof. Abdul Haris, M. Ag diikuti secara simbolis dengan pelepasan balon ke udara. Peserta KKM tersebut nantinya akan tersebar di 188 desa, 18 kecamatan wilayah Kota Batu dan Kabupaten Malang.

Tema KKM UIN Mengabdi 2020 yaitu “Rintisan Peta Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat” dengan jargon “Menguatkan Dakwah menuju Masyarakat Sejahtera”. Dalam sambutannya Rektor UIN Malang mengajak seluruh peserta KKM agar secara sungguh-sungguh mengabdikan diri kepada

Dalam sambutannya, Prof Haris mengajak  kepada seluruh peserta KKM untuk serius mengabdikan diri kepada masyarakat sesuai dengan keilmuannya masing-masing. Selama satu bulan penuh, diharapkan para mahasiswa dapat menghasilkan peta dakwah, sebagai salah satu tujuan KKM. Selain itu menurutnya semua kebaikan yang bertujuan untuk mengembangkan masyarakat dapat dimaknai sebagai bentuk dakwah, mahasiswa harus sigap dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat, sehingga apa yang dilakukan nantinya bisa tepat sasaran dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sementara itu, Dr. Tutik Hamidah, M. Ag selaku ketua LP2M berpesan kepada seluruh peserta KKM untuk senantiasa menjaga diri, menunjukkan kepada masyarakat melalui perilaku dan akhlak yang mulia, “anda semua adalah duta UIN Malang di masyarakat” ucapnya. Selain program utama di atas, pesan tambahan yang disampaikan oleh ketua LP2M dalam kegiatan pelepasan KKM kali ini yaitu program Brantas Tuntas yang menjadi agenda Gubernur Jawa Timur beserta 16 PTN di Jawa Timur.

Kegiatan KKM UIN Mengabdi 2020 ini direncanakan dilaksanakan mulai 27 Desember 2019 sampai dengan 27 Januari 2020, dengan meilbatkan koordinator kecamatan dari jajaran wakil dekan bidang akademik dan kemahasiswaan UIN Malang, dan para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu para dosen dilingkungan UIN malang.[*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *