Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi Internasional Tahun 2020

Malang, 21 September 2020; Bertempat di Ruang Meeting Gedung Rektorat lt.3 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang disenggarakan Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi Internasional. Kegiatan yang diikuti sekitar 20 orang dosen berpangkat minimal lektor kepala ini dibuka langsung oleh Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abd Haris, M. Ag, dengan narasumber utama Prof. Dr. Irwan Abdullah dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Rektor berharap kegiatan akademik ini nantinya mengahasilkan artikel  yang dapat diterbitkan di jurnal internasional bereputasi, sekaligus berdampak pada peningkatan SDM di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Pada sesi awal kegiatan, secara panjang lebar Prof. Irwan menjelaskan berbagai hal tentang kiat jitu agar arikel yang kita tulis dapat terbit di jurnal internasional bereputasi, termasuk memberikan motivasi kepada peserta pelatihan. Menurutnya, untuk memulai menulis memang dibutuhkan usaha yang sangat luar biasa, tidak gampang menata niat apalagi merealisasikannya. Namun, bukan berarti kita tetap santai dan akhirnya tidak menghasilkan karya ilmiah. Untuk mulai menghapus rasa malas, Prof. Irwan menyarankan agar ada hal yang harus dibiasakan, misalnya menulis minimal satu paragraf setiap hari atau sekitar 150 kata, yang selama ini ia tugaskan kepada mahasiswanya, sehingga dalam sebulan minimal terkumpul 4000 kata, yang pada akhirnya dapat diunggah pada berbagai jurnal bereputasi.

Kegiatan bimbingan teknis ini nantinya akan dilanjutkan di Yogyakarta. Setiap peserta diwajibkan mengikuti kegiatan lanjutan berupa pendampingan penulisan artikel yang dilaksanakan selama satu 6 s.d 7 hari, dengan demikian diharapkan masing-masing peserta nantinya akan menerbitkan artikel yang terbit pada jurnal bereputasi internasional.[*]

 

Catatan: Materi Bimtek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *