Workshop Manajemen Pengelolaan Jurnal 2022

Pasuruan, 27 – 29 September 2022; Pusat Publikasi Ilmiah LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan Workshop Manajemen Pengelolaan Jurnal. Acara yang diikuti oleh sekitar 75 peserta yang didominasi oleh para pengelolah jurnal ini dibuka langsung oleh Ketua LP2M Prof. Agus Maimun, M. Pd.

Agenda kegiatan workshop kali ini dikhususkan pada kegiatan evaluasi jurnal, mentoring jurnal, kriteria indeksasi jurnal di DOAJ dan aturan copyright untuk open access journal, dan teknik review substansi artikel jurnal. Dalam sambutannya Prof. Agus menyatakan bahwa di antara sekian banyak manfaat mengelola jurnal, ada nilai promotif kelembagaan. Ia menjelaskan, ketika jurnal-jurnal di suatu kampus meningkat secara kualitas, maka reputasi kampus akan otomatis meningkat pula. Apalagi jika ada jurnal yang bereputasi internasional atau terindeks di lembaga internasional. “Maka akan banyak orang yang akan menargetkan kampus kita untuk mempublikasilan artikel ilmiah mereka,” imbuhnya.

Hal ini, masih kata Prof. Agus, akan berefek pada nilai institutif, yakni meningkatkan nilai akreditasi dan ranking UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Untuk mencapai cita-cita besar ini, LP2M mengamanahkan PPI untuk membina para pengurus jurnal di seluruh prodi.

Sementara itu, Ketua PPI, Muhammad Anwar Firdausy, M.Ag. menjelaskan, pihaknya akan memberikan sesi khusus bagi jurnal-jurnal yang ingin meningkatkan peringkat SINTA-nya. Selama tiga hari, ia yakin, para pengurus akan mendapatkan bekal yang cukup untuk membenahi kualitas jurnalnya di kategori apapun.
Lebih lanjut, Ernaning Setiyowati menjelaskan, pihak panitia turut mengundang pengurus jurnal yang telah mendapatkan peringkat SINTA 2 dan Scopus untuk membantu pengurus jurnal lainnya. Dengan begini, PPI memberi kesempatan bertukar pengalaman dalam manajemen jurnal ilmiah. (nd)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *