LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Raih Kesempatan untuk Memperkenalkan Karya Penelitian dan PkM pada KITLV Jakarta

Malang, 24 Januari 2022: perwakilan Koninklijk Instituut voor Taal –, Land – en Volkenkunde (KITLV) Jakarta mengunjungi LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pertemuan tersebut dihadiri oleh dua staf KITLV Jakarta, yaitu Dini Aryani dan Wulandari, serta ketua LP2M beserta staf. Dalam pertemuan tersebut, Dini Aryani mengungkapkan maksud kedatangannya untuk meminta koleksi karya-karya produk penelitian dan PkM. Nantinya, karya-karya tersebut akan dikatalogisasikan, dikirim ke perpustakaan Universitas Leiden di Belanda, dan diarsipkan secara digital.

Ketua LP2M, Prof. Dr. Agus Maimun, M. Pd menyambut baik kedatangan pihak KITLV-Jakarta. Menurutnya, kunjungan tersebut dapat menjadi upaya promosi dan meningkatkan kualitas produk penelitian dan PkM. Ketua LP2M juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan tersebut dan berharap ada kerja sama tindak lanjut dari kunjungan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, beberapa produk penelitian dan PkM secara resmi diserahkan langsung kepada perwakilan KITLV Jakarta. Hal ini menunjukkan bahwa kunjungan tersebut memang benar-benar dilakukan untuk meminta koleksi karya-karya produk penelitian dan PkM dari LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sebagai informasi, KITLV Jakarta merupakan perwakilan KITLV Leiden yang menaruh perhatian pada penghimpunan buku-buku dan majalah dalam bidang ilmu sosial dan kemanusiaan dari instansi pemerintah, swasta, universitas, atau terbitan komersial umum dan terbuka yang disimpan di Perpustakaan Universitas Leiden dalam bentuk asli, digital dan/atau microfilm. KITLV Leiden sendiri merupakan lembaga penelitian di Belanda yang fokus pada sejarah, bahasa, dan budaya Indonesia, sekaligus memiliki peran penting dalam mendokumentasikan koleksi literatur tentang Indonesia.

Pada kunjungan tersebut, LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki kesempatan untuk berbagi koleksi karya-karya produk penelitian dan PkM dengan KITLV Jakarta. Koleksi tersebut bisa berupa jurnal, buku, maupun produk-produk penelitian lainnya yang telah dilakukan oleh para akademisi dan mahasiswa LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dengan adanya kerja sama antara LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan KITLV Jakarta, diharapkan akan terjadi sinergi yang baik dalam mengembangkan penelitian dan PkM di Indonesia. Selain itu, kerja sama ini juga dapat meningkatkan eksistensi LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan memperluas jaringan kerja sama dengan lembaga-lembaga lainnya. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *