Workshop Penyusunan Pedoman Penelitian, PkM, dan SOP Tahun 2023

Batu, 10 Juni 2023; LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terus berupaya memenuhi peran pentingnya dalam merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai kegiatan penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di lingkungan universitas. Evaluasi dan revisi berbagai pedoman secara konsisten dilakukan untuk memastikan pelaksanaan tugas yang efektif dan efisien. Seiring berakhirnya semester kedua tahun 2023, LP2M mengundang semua kepala pusat dan jajarannya untuk mengikuti Workshop selama dua hari mengenai Penyusunan Pedoman Penelitian, PKM, dan SOP di Aston Inn, Kota Batu (9-10/6).

Prof. Dr. Agus Maimun, M.Pd., Kepala LP2M, menyatakan bahwa lembaga ini tidak pernah berhenti berupaya meningkatkan program-programnya. Bersama-sama dengan semua pusat studi, kinerja LP2M telah terbilang baik sejauh ini. Monitoring dan evaluasi rutin dilakukan untuk mengidentifikasi kekurangan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan program-program tersebut. Ia menyadari bahwa peran LP2M tidaklah kecil, karena merupakan salah satu pilar utama dari UIN Malang. “Bisa dikatakan bahwa LP2M adalah salah satu pilar pendukung UIN Malang,” tambah Profesor Pendidikan Islam tersebut.

Dalam pidato pembukaan workshop, Prof. Agus menyampaikan beberapa mandat dari LP2M. Ia menekankan bahwa LP2M memainkan peran penting dalam mengawasi internasionalisasi universitas. Mengingat roadmap kampus saat ini fokus pada pengakuan internasional, LP2M juga harus memiliki visi dan misi yang sama. Hal ini diwujudkan melalui program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan penekanan pada peningkatan kualitas menuju tingkat internasional.

Secara khusus agenda workshop meliputi meninjau kembali pedoman, kode etik, dan SOP untuk Pengabdian kepada Masyarakat dan KKM, Melengkapi maturity untuk LP2M, melengkapi Indikator Kunci Institusi (IKI) dan Kegiatan Kunci Institusi (IKU), mengembangkan sistem penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peninjauan pedoman, kode etik, dan SOP untuk Penelitian tahun 2023 dan 2024, dan pedoman publikasi ilmiah, peninjauan profil dan SOP pusat studi, serta mengunggah dokumen kematangan dan rencana tindak lanjut untuk kegiatan selanjutnya. Kegiatan workshop ini sangat penting dan menghasilkan beberapa dokumen yang dibutuhkan oleh lembaga dan UIN Malang. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *