Workshop Metodologi Penelitian berbasis Literature Review Tahun 2023

Malang – 3 Maret 2023; Untuk meningkatkan kompetensi para dosen dan peneliti di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, LP2M menyelenggarakan workshop Metodologi Penelitian berbasis Literature Review sekaligus penandatanganan kontrak bantuan penelitian tahun 2023. Hadir dalam acara ini Ketua LPPM Universitas Brawijaya Malang, Prof. Luchman Hakim, Ph.D, yang membahas materi tersebut.

Mengawali kegiatan, Prof. Agus Maimun selaku Ketua LP2M UIN Malang menekankan pentingnya upaya peningkatan kompetensi dosen dan peneliti melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan, workshop, sarasehan, dan kajian ilmiah. Menurutnya, hal tersebut merupakan wujud nyata dukungan LP2M UIN Malang kepada seluruh civitas akademika agar dapat bersaing di tingkat internasional. Melalui peningkatan kompetensi, diharapkan para dosen dan peneliti dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan dapat dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. Hal ini juga dianggap sebagai salah satu langkah penting menuju internasionalisasi perguruan tinggi. Oleh karena itu, LP2M UIN Malang berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dan fasilitas yang dibutuhkan agar seluruh civitas akademika dapat mencapai tujuan tersebut.

Selaku narasumber utama, Prof. Luchman memberikan penjelasan yang detail tentang konstruksi review sebagai proses, organisasi riset, serta berbagai jenis artikel literatur review, seperti review naratif, deskriptif atau mapping, scoping, agregatif, realis, dan kritikal. Selain itu, beliau juga memberikan penjelasan mengenai perbedaan antara mereview dan literatur review, yang seringkali masih menjadi perdebatan di kalangan peneliti.

Dalam paparannya, Prof. Luchman selanjutnya menyampaikan berbagai outline dan teknik untuk membuat peta pikir dalam penulisan literatur review. Berbagai contoh-contoh karya artikel literatur review yang telah dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi ditunjukkan kepada peserta workshop untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan praktis dalam penulisan artikel literatur review, dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan. Di akhir acara Prof. Luchman berharap keseluruhan penjelasan yang disampaikan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang metodologi penelitian dan penulisan literatur review pada jurnal yang bereputasi.

Acara ini dihadiri sekitar 160 peserta sekaligus peneliti yang akan melaksanakan penanda tanganan kontrak penelitian BOPTN UIN Malang Tahun 2023, beberapa dari mereka berterima kasih dan mengungkapkan bahwa kegiatan semacam ini perlu sering dilakukan oleh LP2M. [*]

Materi workshop (unduh di sini)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *