Workshop Review Karya Ilmiah Untuk Dipublikasikan

Malang, 6 Nopember 2019; Untuk memberikan pengetahuan dan bimbingan praktis kepada para peneliti di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang khususnya teknis penulisan artikel agar bisa diterima atau terindek di jurnal internasional bereputasi, LP2M menyelenggarakan workshop review karya ilmiah untuk dipublikasikan.

Hadir dalam kegiatan workshop ini Dosen Universitas Brawijaya, Malang Prof. Muhaimin Rifa’i, PhD.Med.Sc, dan Dosen Universitas Airlangga, Surabaya Prof. H. Hery Purnobasuki, Drs., M.Si., Ph.D. Dalam paparannya, Prof. Muhaimin menjelaskan tentang cara pengecekan tingkat Quartile (Q) jurnal melaui aplikasi atau laman Scimago Jr di www.scimagojr.com. Quartile (Q) menunjukkan peringkat sebuah jurnal. Terdapat empat tingkat Quartile (Q) sebuah jurnal, yaitu: Q1, Q2, Q3, dan Q4. Tingkat tertinggi adalah Q1 dan terendah adalah Q4. Berikutnya dijelaskannya juga tentang teknik uji kualitas bahasa suatu artikel melalui aplikasi grammarly yang secara otomatis mendeteksi potensi tata bahasa, ejaan, tanda baca, pilihan kata, dan kesalahan gaya dalam penulisan, mengikuti resep linguistik umum. “Hasilnya memang tidak sempurna tapi cukup membantu, dan ini biasa saya gunakan untuk check artikel yang berbahasa Inggris,” jelas Profesor di bidang Imunologi itu.

Sementara itu, Prof. Hery Purnobasuki, menekankan pada pemahaman dasar tentang penulisan artikel yang baik dan benar sekaligus tips dan triknya sehingga bisa terindeks di jurnal Scopus. Namun demikian, saran dosen yang juga merupakan salah satu guru besar UNAIR ini bahwa semua proses harus dimulai step by step. “Jadi semua penulis artikel di sini mesti sabar dan belajar pede,” ungkapnya. [ptt][*]

 

 

Materi kegiatan:[1] dan [2]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *