Mahasiswa UIN Malang Bergabung Mengikuti KKN Nusantara 3T di NTT

Kupang, 8 Januari 2020, Sebanyak 75 mahasiswa dari berbagai PTKIN di Indonesia mengikuti program, Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah terdalam, tertinggal, dan terluar (3T) di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Mereka adalah gabungan mahasiswa dari 28 PTKI Negeri. Tema KKN, “Peace Building Mewujudkan Moderasi Beragama dalam Membangun Indonesia dengan Metode Asset Based Community Development (ABCD)”.

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam kegiatan KKN Nusantara 3T Tahun 2020, mendelegasikan 2 mahasiwa yaitu Faishal Digdoyo Prasojo dari Jurusan Teknik Arsitektur F. Saintek dan Dyah Palupi Ayu Ningtyas dari Jurusan Ahwalus Sahsiah  Fakultas Syariah. Keduanya terpilih berdasarkan seleksi yang dilaksanakan oleh LP2M UIN Malang, dari 41 mahasiswa mengusul untuk ikit pada kegiatan ini. Sebelum berangkat kedua mahasiswa tersebut berpamitan kepada ketua LP2M Ibu Hj. Tutik Hamidah dan Wakil Rektor I Bidang Akademik UIN Malang Prof. Zainuddin, didampingi sekretaris LP2M Bapak Ahmad Abtokhi. Dalam pesannya WR I dan Ketua LP2M mengingatkan agar sungguh-sungguh dalam melakukan pengabdian, sekaligus selalu menjaga nama baik UIN Malang.

 

Kegiatan KKN Nusantara 3T di NTT dilaksanakan mulai 7 Januari 2020 sampai dengan 13 Pebruari 2020. Sebelum peserta dilepas di lokasi KKM, dilakukan pembekalan peserta yang dilaksanan di Asrama Haji Kupang. Pembekalan yang dibuka langsung oleh Direktur  Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Prof. Arskal Salim, dihadiri  Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Suwendi, Kepala Bidang Pendis Kanwil Kemenag Provinsi NTT, Puo Muntu Umbu Nay, Kepala LP2M UIN Surabaya, Ahmad Syahid, Kepala Seksi Pengabdian kepada Masyarakat, Abdul Basir, seluruh Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat PTKIN, dan mahasiswa peserta KKN.  Prof. Arskal Salim mengapresiasi KKN  kali ini yang mengangkat tema moderasi. Menurutnya, RPJMN 2020-2024 telah menjadikan moderasi beragama sebagai pilar penting yang sekaligus menjadi modal sosial dalam membangun bangsa ini. Oleh karenanya, keluarga besar PTKI harus mampu memberikan kontribusi konkret dalam membangun dan mendiseminasi moderasi beragama di masyarakat luas.

Di sela-sela pelaksanaan pembekalan, dilakukan juga kegiatan Workshop Desain Pengabdian kepada Masyarakat yang diikuti oleh para Kepala Pusat PkM. Salah satu rekomendasi hasil workshop tersebut yaitu akan diselenggarakan KKN Moderasi Beragama yang dilaksanakan pada Juni-Juli 2020, bersifat regional dan melibatkan seluruh PTKIN. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *