Workshop Penyusunan Pedoman dan Persiapan Pelaksanaan KKN Nusantara Persemakmuran Ex IAIN Sunan Ampel Tahun 2023

Malang, 2 Maret 2023; Perwakilan dari sembilan PTKIN ex-IAIN Sunan Ampel sedang mempersiapkan KKN Kolaborasi Nusantara Persemakmuran IAIN Sunan Ampel di Hotel Swiss-Belinn, Malang. Mereka fokus pada penyusunan pedoman dan persiapan pelaksanaan KKN yang akan dimulai pada Juli hingga Agustus mendatang. Tema KKN Kolaborasi Nusantara tahun 2023 adalah “Membangun Desa Berkelanjutan Berbasis Penguatan Moderasi Beragama dan Potensi Lokal”. Hal ini sesuai dengan amanah Kementerian Agama agar moderasi beragama disebarkan ke seluruh penjuru Indonesia untuk mengurangi radikalisme.

Seluruh perwakilan bekerja sama dalam menyusun buku pedoman agar pelaksanaan KKN dapat berjalan baik dan lancar sesuai petunjuk. Juknis pelaksanaan KKN Nusantara Persemakmuran IAIN Sunan Ampel harus disusun secara maksimal agar berlaku umum untuk kesembilan instansi yang tergabung dalam Persemakmuran IAIN Sunan Ampel. Para wakil dari sembilan kampus bertekat dan berupaya dalam mewujudkan Moderasi Beragama sebagai ruh KKN dan menemukan, mengembangkan, serta memberdayakan potensi masyarakat.

Diselah-selah kegiatan workshop, peserta juga bersilaturrahmi dengan Camat Dau Malang, dan beberapa Kepala Desa lokasi KKN. Tahun 2023 ini, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi host KKN Nusantara Persemakmuran IAIN Sunan Ampel setelah tahun sebelumnya bertempat di UIN SATU Tulungagung. Kesembilan Ex-IAIN Sunan Ampel yang berpartisipasi dalam KKN Nusantara Persemakmuran ini adalah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Mataram, UINSI Samarinda, IAIN Ponorogo, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN KHAS Jember, IAIN Kediri, IAIN Madura, dan UIN SATU Tulungagung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *