KKN Persemakmuran Ex IAIN Sunan Ampel Tahun 2023 

Malang, 7 Juli 2023; Sejumlah170 peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Persemakmuran Ex IAIN Sunan Ampel, diberangkatkan secara simbolis setelah menerima pembekalan. Acara pemberangkatan ini dihadiri oleh Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA., dan diadakan di depan Gedung Rektorat. Rektor menyatakan bahwa program KKN kolaboratif antar perguruan tinggi yang digagas oleh Ex IAIN Sunan Ampel ini adalah gebrakan baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini membuat KKN kali ini terasa sangat istimewa. UIN Malang menjadi tuan rumah KKN untuk kali keempat, setelah tahun sebelumnya acara serupa diadakan di UIN SATU Tulungagung. Rektor juga mengapresiasi keberagaman latar belakang keilmuan para mahasiswa peserta KKN yang berasal dari program studi yang berbeda-beda. Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang beragam bagi masyarakat di lokasi KKN. Dalam sambutannya, Prof. Zain menyamakan mahasiswa dengan toko serba ada yang siap memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ada tiga pesan yang disampaikan oleh Rektor UIN Malang. Pertama, ia berharap agar semua mahasiswa menjaga nama baik almamater masing-masing dengan tidak melakukan kesalahan dalam perilaku mereka. Kedua, para mahasiswa diharapkan dapat menjaga posisi mereka dengan baik dan menghindari menjadi sumber konflik dalam masyarakat. Rektor juga menekankan pentingnya toleransi dan moderasi beragama sesuai arahan Kementerian Agama. Terakhir, Rektor berharap agar mahasiswa memanfaatkan waktu KKN dengan sebaik-baiknya. Selain melaksanakan tugas-tugas KKN, mereka juga diharapkan dapat melakukan riset akademik untuk menghasilkan manfaat lebih lanjut bagi studi mereka setelah KKN berakhir.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Malang, Prof. Dr. Agus Maimun, M.Pd., menjelaskan bahwa KKN Persemakmuran Ex IAIN Sunan Ampel ini akan berlangsung hingga 11 Agustus. Kegiatan KKN dilakukan di 4 desa di wilayah Kecamatan Dau, serta 3 desa di Kecamatan Jabung. Untuk mengawasi pelaksanaan KKN, terdapat 15 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang berasal dari berbagai jurusan. Prof. Agus juga menegaskan bahwa tujuan utama dari KKN ini adalah peningkatan spiritual dan pemberdayaan masyarakat. Program KKN juga melibatkan penanganan masalah stunting dan peningkatan kemampuan parenting sesuai dengan amanah bupati Kabupaten Malang. [*nd]

Link Berita:
Peserta KKN Persemakmuran 2023 Resmi Diberangkatkan (uin-malang.ac.id)

https://uin-malang.ac.id/r/230801/penutupan-kkn-reguler-gelombang-2-dan-kkn-persemakmuran-ex-iain-sunan-ampel-2023.html

https://uin-malang.ac.id/r/230701/170-mahasiswa-kkn-persemakmuran-ikuti-pembekalan-di-uin-malang.html

https://uin-malang.ac.id/r/230701/kkn-persemakmuran-wujud-keguyuban-kampus-ex-iain-sunan-ampel.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *