Upgrading Pemeriksaan Sinta Pusat Publikasi Ilmiah LP2M UIN Malang 2023

Selasa, 22 Agustus 2023 – UIN Malang sedang mengarah pada tujuan besar yakni mendapatkan pengakuan internasional hingga tahun 2025. Oleh karena itu, semua program yang diterapkan diharapkan memiliki orientasi menuju visi ini. Salah satu aspek yang diprioritaskan adalah peningkatan publikasi karya ilmiah di jurnal-jurnal internasional, dengan harapan lebih banyak dosen dan akademisi dari UIN Malang dapat menerbitkan karya ilmiah mereka di jurnal-jurnal internasional. Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Agus Maimun, M.Pd., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), dalam Workshop Upgrading Pemeringkatan Sinta yang berlangsung di The Shalimar Boutique Hotel, Kota Malang, pada Selasa (22/8).

Prof. Agus melanjutkan, sesuai dengan Indeks Kinerja Utama (IKU) rektor UIN Malang tahun ini, kolaborasi riset internasional menjadi salah satu program yang akan diberikan perhatian serius. Tujuan dari program ini jelas, yaitu agar UIN Malang mendapatkan eksposur dan pengakuan dari kalangan akademisi dan praktisi di level internasional. Ia menambahkan, “Dengan adanya kolaborasi ini, peluang bagi karya ilmiah sivitas akademik UIN Malang untuk diterbitkan di jurnal-jurnal terakreditasi dan berprestasi internasional akan semakin besar.”

Lebih lanjut, Prof. Agus menjelaskan bahwa dalam IKU rektor, target jumlah karya ilmiah yang diharapkan terbit di jurnal-jurnal berprestasi internasional pada tahun ini adalah 754 artikel. Para dosen dan akademisi diharapkan dapat aktif menerbitkan karya yang sesuai dengan bidang keilmuan mereka, khususnya hasil riset dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan setiap tahun.

Muhammad Anwar Firdausy, Kepala Pusat Publikasi Ilmiah (PPI), juga menegaskan bahwa kampus tidak hanya mengharuskan penerbitan karya ilmiah, tetapi juga memberikan dukungan melalui berbagai program. Salah satunya adalah melalui program PPI di bawah LP2M, yang memberikan bantuan dalam bentuk Article Processing Charges (APC) bagi dosen yang berhasil menerbitkan naskah mereka di jurnal-jurnal terindeks Scopus.

Kepala PPI menyampaikan harapannya kepada para dosen untuk terus bersemangat dalam melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah, kendati aktivitas akademis mungkin terasa monoton. Ia meyakini bahwa usaha ini akan mendapatkan imbalan yang setara dan berdampak positif pada karir para dosen.

Workshop Upgrading Pemeringkatan Sinta adalah inisiatif dari Pusat Publikasi Ilmiah-LP2M untuk memberikan arahan kepada jurnal-jurnal di UIN Malang yang ingin meningkatkan akreditasi Sinta mereka. Dalam rangkaian acara ini, Kukuh Tejomurti dari Universitas Sebelas Maret, Surakarta, diundang sebagai asesor jurnal-jurnal di Indonesia. Selain itu, para pengelola jurnal juga mendapatkan wawasan mengenai persiapan menuju akreditasi internasional dari Sholahuddin Al Fatih, salah satu pengelola jurnal terindeks Scopus dari Unmuh Malang [*nd].

Link Berita:
https://uin-malang.ac.id/r/230801/penutupan-kkn-reguler-gelombang-2-dan-kkn-persemakmuran-ex-iain-sunan-ampel-2023.html

https://uin-malang.ac.id/r/230701/170-mahasiswa-kkn-persemakmuran-ikuti-pembekalan-di-uin-malang.html

https://uin-malang.ac.id/r/230701/kkn-persemakmuran-wujud-keguyuban-kampus-ex-iain-sunan-ampel.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *