LP2M Selenggarakan Workshop Pengelola Jurnal Se-Jawa Timur

Jumat 20/4/2018, Kebutuhan akan publikasi artikel dalam jurnal dengan standart internasional kian hari kian menjadi kebutuhan bagi para akademisi. Kebutuhan tersebut tidak lain adalah sebuah tagihan akademis terhadap eksistensi para akademisi dalam menerapkan serta mengembangkan keilmuwan yang harus dilakukan seluruh akademisi termasuk dosen.

Selain bagi akademisi, tagihan publikasi dengan memanfaatkan hasil penelitian yang dilakukan oleh civitas akademika juga menjadi tantangan tersendiri bagi para pengelola jurnal. Jurnal yang memiliki standar akreditasi baik nasional maupun internasional menjadi kian dibutuhkan dan dinanti kiprahnya sebgai corong penyebaran informasi akademik berbasis research.

Menyikapi urgensi dari kebutuhan akademis tersebut, LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan “Workshop Peningatan Kualitas Jurnal UIN Maulana Malik Ibrahim Malang”. Kegiatan ini diikuti oleh para pengelola jurnal di Kampus Se-Jawa Timur baik negeri maupun swasta dengan jumlah peserta 100 orang pengelola jurnal.

Bertempat di Rumah Jurnal UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Workshop ini dilaksanakan selama 2 hari dengan di dampingi penuh oleh dua narasumber nasional yang sangat berkompeten pada bidang jurnal yakni Dr. Ir. Lukman (LIPI Kemenristek RI) dan Prof. Dr. Irwansyah, M.H (Asesor Jurnal Dikti). Dalam penyampaianya dua narasumber ini mendorong adanya effort dan semangat jihad yang tinggi untuk publikasi artikel penelitian baik pada level jurnal nasional terlebih pada jurnal internasional. Semuanya butuh proses dan perjuangan dengan standart yang berbeda, namun sebagai akademisi ini harus kita lakukan dan semangat agar ilmu yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara luas tidak hanya secara nasional namun juga internasional. (lp2m)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *